Share

Yuk, Bikin Jus Sayur, Simak Tipsnya!

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Minggu 03 Januari 2016 09:35 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 03 298 1279643 yuk-bikin-jus-sayur-simak-tipsnya-fA6FHewt4U.jpg Tips membuat jus sayur (Foto: Wellnesswithin)

TIDAK hanya buah saja yang bisa diolah menjadi jus atau smoothies, tetapi beberapa jenis sayur juga enak untuk bahan campuran jus. Berbeda dengan buah yang memiliki rasa manis yang khas, sayur cenderung memiliki rasa yang tawar dan bahkan menimbulkan sedikit aroma langu.

Chef Yuda Bustara memberikan tipsnya agar jus sayur yang dihasilkan punya rasa lezat dan pastinya bermanfaat, Minggu (3/12/2015).

Pilih sayur yang cocok

Satu hal yang perlu diperhatikan dalam membuat jus sayur adalah tidak semua jenis sayur bisa diolah menjadi jus. Sebelum membuat jus sayur, sebaiknya kenali dahulu sifat, kandungan dan juga rasa dari sayur tersebut. Meskipun sebagian besar sayur memiliki manfaat yang baik, belum tentu memiliki rasa yang enak untuk di buat jus. Hal ini penting diperhatikan karena jika tidak, bisa jadi jus yang dibuat malah berasa aneh dan tidak enak.

Pastikan hanya gunakan sayur segar

Kesegaran sayuran menentukan rasa dan khasiat dari jus yang akan dibuat. Jangan gunakan sayuran yang sudah layu, dan tidak segar karena sayuran layu akan menghasilkan after taste yang buruk pada jus.

Pilih sayuran yang tepat

Jika buah semakin tua semakin masak dan enak di jus maka berbeda dengan sayur. Sayur yang pas untuk diolah menjadi jus adalah sayur yang berusia sedang, tidak terlalu muda dan tidak juga tua. Karena sayur yang muda hanya mengandung sedikit serat, sedangkan sayuran yang terlalu tua akan menghasilkan rasa yang pahit dan tidak segar.

Tambahkan buah

Kebanyakan sayuran memiliki rasa yang tawar, maka tambahan buah akan membuat rasanya lebih enak. Buah seperti apel, nanas, jeruk dan strawberry cocok untuk dicampurkan dengan beragam sayur-sayuran.​

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini