nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Angkut 232 Turis, Kapal Pesiar Bahama Kunjungi Sabang

Salman Mardira, Jurnalis · Minggu 03 Januari 2016 08:40 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 01 03 406 1279625 angkut-232-turis-kapal-pesiar-bahama-kunjungi-sabang-KQc9lV4swh.jpg Kapal pesiar Bahama kunjungi Sabang (Foto: Luxurycruise)

KAPAL pesiar MV Silver Shadow yang membawa 232 turis mengunjungi Pulau Weh, Sabang. Kapal berbendera negara Kepulauan Bahama ini merapat di Dermaga CT1, Kuta Barat, Kota Sabang, kemarin.

Begitu tiba di daratan Pulau Nol Kilometer Indonesia, para pelancong dari 25 negara bersama crew kapal langsung disambut beberapa pejabat Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang, Sabtu, 2 Januari 2015.

Mereka disuguhkan tarian tradiasional Aceh seperti Tarian Ranup Lampuan yang merupakan tarian untuk menyambut tamu, kemudian Tari Tarek Pukat yang menampilkan semangat persatuan. Tarian dibawakan Sanggar Komunitas Seni Air, Sabang.

Usai dihibur tarian, para wisatawan mancanegara itu memanfaatkan waktunya menikmati keindahan alam Pulau Weh. Mereka mengunjungi sejumlah objek wisata menarik.

Ada juga yang memilih berkeliling Kota Sabang dengan berjalan kaki, naik becak motor dan angkutan umum. Mereka juga diajak ke Museum Abad Kejayaan Sabang yang sudah diresmikan bulan lalu.

Kapal Silver Shadow yang dinahkodai Luigi Rutiguano dan memiliki 284 crew, singgah di Sabang selama delapan jam disela pelayaran keliling dunia. Dari Sabang, mereka akan menuju Langkawi, Malaysia.

Sebelum mampir di ujung Indonesia, kapal sepanjang 189 meter dan berbobot 28 ribu grass ton ini, sempat bersandar juga di Port Blair, Kepulauan Andaman, India, tadi malam.

Kepala Unit Manajemen Pelabuhan BPKS, Zulkarnaini Abdullah mengatakan, Silver Shadow sudah jauh hari menyampaikan keinginannya bersandar di Sabang.

"MV Silver Shadow akan kembali lagi ke Sabang pada bulan Februari mendatang," sebutnya.

Selain MV Silver Shadow, kapal pesiar MV Seven Seas Voyager juga sudah berencana akan merapat ke Sabang pada 14 dan 21 Januari nanti.

Deputi Komersial dan Investasi BPKS, Syafruddin Chan berharap pihak operator Cruise dapat memperpanjang waktu singgah di Kota Sabang ini.

BPKS sendiri ingin mempersiapkan beberapa package tour termasuk "Twin City Package Tour" yang merupakan gabungan atraksi wisata dua kota; Sabang dan Kota Banda Aceh.

Tour atraksi wisata Sabang, menurutnya, untuk melihat keindahan alam laut dan heritage. Sedangkan ke Banda Aceh untuk melihat situs tsunami Aceh.

Direktur Pengembangan Usaha dan Investasi BPKS, Fauzi Daud menambahkan, pihaknya sedang menyempurnakan Standar Operasional Prosedur(SOP) yang mengatur, tugas dan fungsi masing masing pihak untuk melayani dengan baik wisatawan kapal cruise yang datang ke Sabang.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini