Share

Kelebihan Tersembunyi Orang Kidal

Erika Kurnia, Jurnalis · Senin 04 Januari 2016 10:30 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 04 481 1280023 kelebihan-tersembunyi-orang-kidal-avqiuQI3bU.jpg Orang kidal mempunyai kelebihan tertentu (Foto: Nytimes)

ORANG kidal sering dianggap spesial, karena mahir melakukan gerakan dengan tangan kiri yang tidak bisa dilakukan oleh kebanyakan orang. Hal ini bisa sangat dimanfaatkan para kidal untuk mengatur trik dan strategi dalam berbagai kegiatan aktif menggunakan tangan.

Para ahli yakin otak dan tubuh orang kidal beroperasi dengan cara yang sangat berbeda daripada orang tangan kanan. Begitu juga dengan mereka yang mampu maksimal dengan kedua tangan mereka. Berikut adalah beberapa kelebihan yang bisa didapat para kidal, seperti dilansir dari Health, Senin (4/1/2016).

Unggul dalam olahraga permainan tertentu

Ada satu hal yang paling disetujui para ahli, orang kidal memiliki kemampuan tangan lebih dalam olahraga permainan seperti tenis, tinju, dan pitching bola bisbol. Orang kidal dapat berlatih untuk menyesuaikan permainan yang biasa dimainkan dengan tangan kanan, namun sial bagi lawan mereka.

"Mereka yang mampu dengan tangan kanan akan dipaksa untuk terlibat dalam pertempuran asimetris yang bisa menjadi buruk saat harus melawan pemain kidal," tulisnya.

Lebih jago sebagai penyerang

Dalam sebuah penelitian Perancis 2005, peneliti menemukan bahwa orang kidal jumlahnya hanya sekitar 3 persen dari total masyarakat, tapi 27 persen dari minoritas tersebut paling suka berperang. Mengapa? Ada gagasan bahwa orang kidal memiliki keuntungan fisik melebihi yang lain.

Membantu melindungi bisul dan arthritis

Menjadi kidal tidak selalu buruk bagi kesehatan. Sebuah studi 2005 yang diterbitkan dalam jurnal Lateralitas menemukan bahwa menjadi kidal terkait dengan penurunan risiko arthritis dan bisul.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini