Terungkap Bahaya Microbeads pada Pembersih Wajah

Tentry Yudvi, Jurnalis · Selasa 05 Januari 2016 16:31 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 05 194 1281272 terungkap-bahaya-microbeads-pada-pembersih-wajah-sG3lfQiESK.jpg Bahaya microbeads pada wajah (Foto: Cosmopolitan)

SEBAGAI wanita, Anda kini harus berhati-hati dalam memilih produk kecantikan. Pasalnya, baru-baru ini ditemukan produk kecantikan yang berbahaya.

Sebagaimana dilansir dari Cosmopolitan, Selasa (5/1/2015), kebanyakan produk kecantikan seperti pembersih wajah mengandung microbeads. Microbeads ini memiliki bentuk kecil berwarna biru, berguna untuk exfoliate kulit Anda. 

Microbeads memiliki kemampuan untuk membersihkan wajah. Butiran kecil ini membantu membuang lapisan teratas kulit, menghilangkah kotoran dan minyak. Selain itu microbeads juga membantu menghapus riasan make-up, sekaligus membuang racun yang menempel di kulit.

Namun dibalik itu semua, sebagian ilmuwan menganggap microbeads sebagai salah satu penyebab bencana lingkungan, karena menyebabkan polusi global akibat tidak dapat terurai.

Ketika digunakan, bahan mikroplastik akan terpecah menjadi ukuran-ukuran kecil, antara 0,1-0,5. Kecil dan ringan, tapi tidak bisa diurai oleh sistem pembuangan limbah. Bahan ini bahkan sangat mudah berbaur dengan dengan kehidupan laut, dan menjadi ancaman baginya. Sangat mungkin bahan ini masuk ke dalam rantai makanan, sehingga memungkinkan Anda mengonsumsinya kelak.

Selain itu, banyak orang yang juga sesungguhnya tak sadar kalau microbeads terdapat produk perawatan kulit mereka. Karena tergolong murah untuk diproduksi, perusahaan menyukai penggunaan microbeads.

Nah, mulai saat ini Anda lebih baik memilih produk seperti scrubs yang alami, mengandung jojoba oil, dan oatmeal jika ingin melakukan exfoliate kulit Anda.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini