nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keajaiban Dengarkan Musik saat Persalinan

Marieska Harya Virdhani, Jurnalis · Selasa 05 Januari 2016 14:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 01 05 481 1281077 keajaiban-dengarkan-musik-saat-persalinan-Dm99vCAE41.jpg Ibu hamil dengar musik (Foto: Mnn)

MUSIK klasik instrumental ternyata dapat bermanfaat untuk memperlancar proses persalinan. Musik klasik mampu membuat ibu melahirkan merasa nyaman dan mengurangi rasa nyeri.

Distosia merupakan persalinan yang panjang, sulit atau abnormal yang timbul akibat berbagai kondisi diantaranya faktor kontraksi uterus dan status psikologi. Salah satu faktor psikologi yaitu terjadinya stres dan kecemasan.

“Stres dan kecemasan lebih sering terjadi. Stres dan kecemasan yang tidak teratasi akan meningkatkan intensitas nyeri yang merupakan masalah utama ibu melahirkan. Apabila nyeri tidak diatasi dapat menimbulkan kecemasan, yang selanjutnya akan meningkatkan intensitas nyeri. Nyeri, kecemasan dan stres merupakan masalah ketidaknyamanan selama melahirkan,” kata Doktor Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) Heni Setyowati Esti Rahayu baru-baru ini.

Adanya ketidaknyamanan yang tidak teratasi akan menimbulkan distosia sehingga mengganggu kelancaran proses persalinan dan mempengaruhi kesehatan ibu maupun janin. Banyak intervensi keperawatan untuk mengatasi ketidaknyamanan selama persalinan, namunkenyataannya belum teratasi.

Heni menambahkan untuk mengatasi ketidaknyamanan ibu yang sedang melahirkan adalah terapi musik. Terapi musik adalah suatu proses yang menggabungkan antara aspek penyembuhan musik dengan kondisi dan situasi fisik, emosi, mental, spiritual, kognitif dan kebutuhan sosial seseorang.Terapi musik menyebabkan tubuh akan menghasilkan hormon beta-endorfin yang merupakan hormon kebahagiaan.

“Terapi yang bikin nyaman itu ada dua yakni terapi pijat dan musik klasik instrumental. Saya coba meneliti dengan menyasar ibu hamil di Jawa yakni dua musik gamelan dan klasik. Ibu melahirkan lebih nyaman dan nyerinya berkurang jika mendengar musik klasik. Saya baca literatur, tone beat musik itu lambat. Musik klasik dari berbagai penelitian menghasilkan hormon endorfin bisa menenangkan. Mengatasi kecemasan,” tutupnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini