Ini Alasan Microbeads Bahaya pada Kulit Anda

Tentry Yudvi, Jurnalis · Rabu 06 Januari 2016 01:23 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 06 194 1281589 ini-alasan-microbeads-bahaya-pada-kulit-anda-3z3ZgOFE3h.jpg Bahaya microbeads (Foto: Dailymakeover)

Apakah Anda menggunakan pembersih muka yang mengandung microbeads? Microbeads sendiri merupakan butiran kecil halus yang biasa digunakan untuk perawatan tubuh. Walaupun fungsinya sebenarnya baik untuk kulit, tetapi tahukah Anda jika microbeads justru berbahaya untuk lingkungan?

Ya, menurut Dr. Olivia Ong, Dipl. AAAM sebagai dokter estetika sekaligus founder dari Jakarta Aesthetic Clinic (JAC),  kandungan microbeads ternyata membuat kulit semakin iritasi.

"Struktur microbeads itu kalau diperbesar beragam ada yang bulat-bulat, tapi ada juga yang bentuknya bersegi-segi. Nah, untuk yang bersegi ini yang membuat luka-luka kecil di wajah saat membersihkan wajah," jelas Dr. Olivia Ong yang ditemui Okezone di Jakarta Aesthetic Clinic (JAC), Jakarta Selatan, Selasa, 5 Januari 2016.

Menurut dokter cantik ini, iritasi akibat microbeads biasanya tidak tampak jelas dengan kasat mata, karena bentuk iritasi yang kecil.

"Nah itu sebetulnya yang bersegi-segi itu membuat luka-luka kecil di wajah, meski tidak terlihat secara kasat mata," ujarnya.

Faktanya, tambah Dr. Olivia, scrub memang membantu mengangkat kotoran tetapi tidak secara menyeluruh. Oleh karena itu, dr Olivia tak menyarankan pemakaian scrub dengan sering.

"Di kedokteran itu sendiri itu memang ada cara untuk membersihkan, tetapi tidak dipakai setiap hari," tutur Dr. Olivia ong.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini