Demam Setelah Melahirkan? Lakukan Ini!

Erika Kurnia, Jurnalis · Kamis 07 Januari 2016 10:30 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 07 481 1282580 demam-setelah-melahirkan-lakukan-ini-jsyxkC0qR9.jpg Demam pasca melahirkan (Foto: Homeveda)

SETELAH melahirkan, tubuh wanita akan rentan terhadap beberapa infeksi dan masalah kesehatan lainnya. Baik itu depresi postpartum, perdarahan, nyeri payudara, infeksi jamur, atau demam, hampir setiap wanita bisa menderita beberapa masalah kesehatan pasca melahirkan.

Demam pasca melahirkan atau postpartum adalah kondisi ketika suhu tubuh Anda di atas 38,0°C. Demam biasanya dirasakan antara hari kedua dan kesepuluh setelah melahirkan. Demam postpartum adalah gejala dari infeksi, sehingga Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Demam juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri lokal yang dapat terjadi setelah persalinan normal melalui salurah rahim. Endometritis bisa menjadi salah satu penyebab utama di balik infeksi dalam tahap postnatal.

Peradangan pada lapisan dalam rahim atau perut bagian bawah juga bisa menjadi alasan demam postpartum. Bau busuk pada alat kelamin dan urin juga bisa menjadi tanda infeksi menyebabkan demam postpartum.

Sekali lagi, konsultasikan masalah Anda dengan dokter jika Anda mendapatkan suhu tinggi. Sementara itu, perhatikan saran-saran berikut bila demam terjadi, seperti dilansir dari Boldsky, Kamis (7/1/2016).

- Selalu ganti baju. Hal ini penting untuk menjaga kebersihan. Pilih pakaian katun yang mudah kering dan nyaman dipakai.

- Nyeri payudara juga dapat menyebabkan demam setelah melahirkan. Hindari memakai bra ketat. Bra atau baju bersalin postnatal ideal untuk dipakai.

- Kadang-kadang, menyusui juga dapat menyebabkan demam. Ini adalah masalah kesehatan setelah melahirkan yang umum yang dapat disembuhkan dengan mudah.

- Infeksi urin juga dapat meningkatkan suhu tubuh Anda. Banyak minum air dan makanan dengan banyak cairanuntuk mencegah tubuh dehidrasi.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini