Pertolongan Pertama Demam karena Alergi

Erika Kurnia, Jurnalis · Kamis 07 Januari 2016 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 07 481 1282587 pertolongan-pertama-demam-karena-alergi-hAyVa7Ltvp.jpg Demam karena alergi (Foto: Netdoctor)

WAJAH pucat, hidung meler, mata Anda terasa seperti akan pecah tiap kali Anda bersin, dan bagian tertentu di tubuh Anda terasa sangat lemah. Lalu setelah memeriksakan diri ke dokter, Anda dikatakan mengidap Hay Fever. Apa yang harus dilakukan?

Hay fever adalah demam yang umum terjadi akibat alergi serbuk sari tanaman. Meskipun umum terjadi di negara empat musim, Anda setidaknya harus tahu bagaimana menangani kondisi tersebut. Berikut penjelasannya seperti dilansir dari Menshealth, Kamis (7/1/2016).

Makan makanan manis

Ada sejumlah langkah yang dapat Anda ambil untuk mencegah onset demam dimulai. Makanan lokal bersumber madu dapat membantu mengurangi hidung meler karena paparan hidung yang sensitif dengan partikel mikroskopis dari serbuk sari.

Makan makanan panas

Kunyit diperkirakan dapat mengurangi peradangan yang disebabkan oleh fosfolipase A2 enzim, yang pada gilirannya memperparah keberadaan serbuk sari. Buatlah teh kunyit atau minum jamu kunyit untuk membantu meredekan gejala.

Cairan penyemprot hidung

Ada banyak semprotan hidung steroid di pasaran, yang sebagian besar mengandung beklometason bahan aktif (antihistamin). Bila dokter meresepkan Anda ini, Anda mungkin perlu menggunakannya selama beberapa minggu agar tubuh Anda membangun pertahanan yang cukup.

Akupuntur

Penelitian yang dipublikasikan dalam Medical Journal of Australia menemukan bahwa akupunktur tradisional Cina mengurangi gejala demam. "Penurunan gejala dengan pengobatan tampaknya menjadi temuan penelitian yang paling signifikan secara klinis," kata penulis studi Profesor Charlie Xue.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini