Konsumsi Makanan Ini saat Demam

Erika Kurnia, Jurnalis · Kamis 07 Januari 2016 11:30 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 07 481 1282645 konsumsi-makanan-ini-saat-demam-YKE4ZeD18A.jpg Buah segar baik untuk atasi demam (Foto: Care2)

SAAT demam, tidak benar jika Anda membiarkan perut Anda kosong. Tubuh Anda membakar lebih banyak kalori ketika Anda mengalami demam. Cukup makan makanan padat nutrisi penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh yang dibutuhkan untuk membantu Anda cepat sembuh.

Anda dapat disebut demam bila suhu tubuh Anda di atas 37 derajat. Bila suhu Anda lebih buruk dan demam berlangsung lebih dari 48 sampai 72 jam dan disertai leher kaku, kebingungan, kejang, ruam atau sakit saat buang air kecil, maka Anda harus segera menemui dokter.

Bersamaan dengan pengobatan atau perawatan, pemberian makanan bergizi seperti berikut akan membantu Anda, seperti dilansir dari Livestrong, Kamis (7/1/2016).

Perbanyak minum

Menurut Vanderbilt School of Medicine dokter William Schaffner, cara terbaik untuk memerangi demam adalah dengan mengonsumsi banyak cairan. Selain air, Anda juga bisa minum teh panas atau 100 persen jus buah.

Anda juga bisa makan makanan yang kaya cairan rendah garam (sodium) seperti sup sayuran atau kaldu ayam, es yang terbuat dari 100 persen jus buah. Uap dari makanan panas seperti sup ayam dapat melonggarkan lendir di hidung Anda kering.

Pilih buah segar

Buah-buahan seperti jeruk, stroberi, semangka, nanas, kiwi dan melon kaya akan vitamin C, antioksidan yang mendukung kesehatan sistem kekebalan tubuh Anda. Pisang juga dapat menggantikan kalium yang hilang akibat diare atau muntah. Buah jeruk mengandung flavonoid yang mengurangi peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Pilih buah segar, bukan produk buah manis seperti beberapa merek saus apel, jus buah dengan tambahan gula, atau buah kaleng dalam sirup. Asupan gula yang tinggi dapat menghambat sistem kekebalan tubuh Anda.

Beri makanan atau minuman probiotik

Sebuah artikel yang diterbitkan di "Pediatrics" pada 2009 melaporkan bahwa rutin mengonsumsi makanan probiotik, yang mengandung bakteri hidup menguntungkan, bisa menurunkan demam pada anak-anak yang sakit.

Cobalah makan yogurt yang mengandung bakteri hidup ketika Anda mengalami demam. Pilih yogurt yang rendah atau tanpa lemak untuk menghindari lemak jenuh.

Perbanyak protein

Makan lebih banyak protein ketika Anda mengalami demam dapat membantu memberikan sistem kekebalan tubuh Anda energi yang dibutuhkan untuk melawan infeksi, kata ahli gizi Emily Cruwys. Membuat telur orak-arik, tahu sutra, ayam tanpa kulit berbumbu adalah pilihan yang baik.

Jika perut kesulitan menampung makanan padat, asupan protein juga bisa didapatkan dari minuman shake tinggi protein, smoothie yang dibuat dengan susu rendah atau tanpa lemak, yogurt, tahu, atau susu yang ditambahkan ke teh atau kopi panas.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini