Image

Langkah Hilangkan Kebiasaan Mendengkur

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 07 Januari 2016, 17:00 WIB
https img z.okeinfo.net content 2016 01 07 487 1282997 langkah hilangkan kebiasaan mendengkur DgEkcLdnQI.jpg Kebiasaan mendengkur (Foto: Myhealthtips)

TANYA:

Dok, kata orang-orang saya suka mendengkur kalau tidur. Bahaya nggak sih sebenarnya? Gimana solusinya biar nggak keterusan? Bantu saya secepatnya ya. Terima kasih. (Bagus dari Muntilan, Jawa Tengah)

Jawaban:

Mendengkur adalah kebiasaan yang membahayakan diri sendiri. Karenanya, masalah ini dapat menjadi gejala penyakit yang berkaitan dengan kardiovaskular.

Lebih baik, orang yang suka mendengkur segera mengatasi dan mencari solusinya. Berikut penjelasannya!

Dokter biasanya memberikan dekongestan atau terapi CPAP yang disebut continuous positive airway pressure (CPAP). Bila diketahui kongesti nasal kronis, maka dokter meresepkan glukokortikoid intranasal.

Pendekatan mekanis dengan oral appliances (OA) meningkatkan ukuran jalan napas atas selama tidur dan menurunkan kejadian mengorok.

Terapi sederhananya, pasien juga akan diberikan lubrikasi dengan semprot hidung (nasal sprays), homeopati, dan bernyanyi.

Perhatikan pula kebiasaan berikut. Pilih posisi tidur miring ke kanan, berhenti merokok, menghindari paparan polusi udara, stop konsumsi alkohol, berpola hidup sehat dan seimbang.

Online Health Consultant dr Dito Anurogo dari Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini