nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Di Bali Jeruk Nipis Disebut Jeruk Bali

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Kamis 07 Januari 2016 23:45 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 01 08 298 1283293 di-bali-jeruk-nipis-disebut-jeruk-bali-lwLg4VQRbR.jpg Jeruk nipis (Foto:Spirit)

VARIAN jeruk yang sangat beragam membuatnya punya banyak sebutan bahkan kadang satu varian punya banyak sebutan yang berbeda. Seperti salah satunya untuk jenis jeruk nipis.

Ternyata jeruk nipis punya sebutan yang beragam di berbagai daerah. Pakar kuliner Bondan Winarno mengatakan banyak daerah punya sebutan jeruk nipis masing-masing. "Semua daerah pakai jeruk nipis buat masakan tapi sebutannya beda-beda," kata Bondan saat ditemui di Jakarta, Kamis (7/1/2016)

Bondan mengatakan, misalnya di Bali orang tidak mau menyebut jeruk nipis tetapi jeruk bali. "Di Bali sebutannya jeruk bali, enggak mau mereka bilang jeruk nipis. Padahal kita di sini tahunya jeruk bali kan yang besar," tambah Bondan.

Bondan menyebut ini yang dinamai keberagaman. "Kita bisa apa, enggak boleh kita ngotot. Di mana kita ada di daerah itu ya di sana kita dengar sebutan bahan atau makanan yang beragam," pungkas Bondan.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini