Image

3 Fakta Paling Mengerikan Daging Ayam Potong

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 08 Januari 2016, 09:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 01 08 481 1283351 3-fakta-paling-mengerikan-daging-ayam-potong-LHAHofsYMF.jpg Waspadai konsumsi ayam (Foto: Boldsky)

DAGING ayam potong memang terlihat lebih menggiurkan dari daging ayam kampung. Namun, banyak paparan racun dan obat-obatan lain yang memicu risiko penyakit, apabila kita mengonsumsinya.

Berikut adalah ulasan tiga fakta paling mengerikan dari daging ayam potong, yang dilansir Boldsky, Jumat (8/1/2016).

Terpapar obat roxarsone

Para peternak ayam rata-rata memberikan obat bernama roxarsone ke seekor ayam. Ini membuat hewan yang tergolong unggas itu tumbuh besar lebih cepat dan ukuran berat badan besar. Pada tahun 2011, penggunaan obat ini dilarang BPOM, karena menimbulkan efek samping bagi tubuh manusia yang mengonsumsinya.

Mengandung racun arsenik

Sebagian ayam juga ada yang terpapar dengan logam beracun yang disebut arsenik. Ini juga berbahaya bagi manusia. Umumnya, racun ini berasal dari penggunaan hormon, antibiotik dan obat-obatan lainnya.

Ayam tiren

Hampir tujuh juta ekor ayam mati dengan kondisi menyedihkan, yaitu dengan cara membunuh massal. Alasannya adalah pada ayam laki-laki tidak bisa menghasilkan telur.

Ayam-ayam yang mati itu dicekik menggunakan karbon dioksida. Atau bahkan, digiling hidup-hidup untuk menghemat waktu untuk mendistribusikan daging ayam tersebut. Ngeri!

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini