nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kombinasi Minum Kopi-Obat Pelangsing Picu Serangan Jantung

Erika Kurnia, Jurnalis · Sabtu 09 Januari 2016 14:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 01 09 481 1284312 kombinasi-minum-kopi-obat-pelangsing-picu-serangan-jantung-AQc7yiOIAb.jpg Jangan minum kopi dibarengi obat (Foto: Stuckonearth)

KANDUNGAN kafein dalam kopi memang bisa meningkatkan reaksi berlebih bagi tubuh bila tidak dikonsumsi dengan hati-hati. Seperti rumor tentang penyebab kematian Wayan Mirna Salimin, yang membuat netizen bertanya apakah mungkin kopi dan obat pelangsing bisa berefek buruk ke jantung.

Menanggapi hal tersebut, konsultan kesehatan saluran cerna dari RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, mengatakan bahwa baik kopi dan jenis obat pelangsing tertentu mempuyai efek yang bisa sebabkan gangguan irama jantung.

“Kadungan kafein di kopi telah kita tahu dapat membuat kita lebih segar dan membuat kerja jantung lebih keras dan tekanan darah meningkat. Obat pelangsing tertentu ada juga yang bisa sebabkan gangguan irama jantung. Sehingga kombinasi keduanya bisa saja sebabkan kematian jantung mendadak,” komentarnya, saat dihubungi Okezone, Jumat 8 Januari 2016. 

Seperti dikabarkan di banyak media, dara cantik yang sempat meminum es kopi Vietnam di sebuah restoran mengalami kejang-kejang. Meski belum ada jawaban pasti tentang kondisi yang sebabkan kondisi seperti itu, kematian mendadak yang diawali dengan kejang mungkin berasal dari masalah pada sistem kardiovaskular.

“Kalau kita bicara secara umum, penyebab kematian mendadak paling banyak adalah masalah serangan jantung tiba-tiba. Serangan jantung bisa sebabkan darah berhenti dipompa, termasuk ke otak, sehingga sebabkan gangguan irama jatung yang bisa sebabkan kejang, hingga kematian,” ungkap dr Ari.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini