nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Minum Kopi dalam Kondisi Ini

Erika Kurnia, Jurnalis · Sabtu 09 Januari 2016 15:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 01 09 481 1284323 jangan-minum-kopi-dalam-kondisi-ini-HY5a1ACtMH.jpg Bahaya minum kopi (Foto: Authoritynutrition)

KOPI memang bisa memberi berjuta manfaat kesehatan. Namun, kopi juga bisa merugikan bila dikonsumsi pada waktu dan kondisi yang salah.

“Kopi dapat membuat kita lebih segar dengan membuat kerja jantung lebih keras dan tekanan darah meningkat. Selain itu sifat asam kopi juga tingkatkan asam lambung. Ini bisa berbahaya bila diminum do kondisi tidak tepat,” kata konsultan kesehatan saluran cerna dari RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH.

Saat perut kosong

Sejumlah studi telah mengatakan waktu terburuk meminum kopi adalah di pagi hari di saat pertu masih kosong. Perut kosong akan menjadi lingkungan yang tidak aman bagi kopi yang bisa tingkatkan asam lambung.

“Kafein pada kopi dapat meningkatkan asam lambung, itulah mengaka beberapa orang mengelu perih di perut atau ulu hati dalam waktu singkat setelah konsumsi kopi,” kata dr Ari, yang dihubungi Okezone, belum lama ini.

Saat konsumsi obat yang bisa pengaruhi jantung

“Perhatikan setiap obat yang kita minum, apakah itu bisa mempengaruhi kerja jantung. Bila memang ada, interaksi obat tersebut dengan kopi atau minuman berkafein lain bisa pengaruhi kerja jantung secara berlebihan,” jelas dr Ari

Saat minum minuman berenergi

Kopi dan minuman berenergi adalah jenis minuman yang paling dicari untuk membantu meningkatakn kewaspadaan dan mencegah kelelahan. Namun, keduanya memiliki fungsi yang sama, sehingga bila dikonsumsi bersamaan akan sangat berbahaya, pesan dr spesialis penyakit dalam tersebut.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini