#GoldenGlobes2016: Perjalanan Karier Steve Jobs Sukses Menginspirasi

Vessy Frizona, Jurnalis · Senin 11 Januari 2016 19:19 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 11 196 1285630 goldenglobes2016-perjalanan-karier-steve-jobs-sukses-menginspirasi-qS54aL4zIU.jpg Steve Jobs (Foto: Forbes)

KISAH hidup mendiang salah seorang pendiri Apple Inc, Steve Jobs yang sangat menginspirasi memang layak diangkat ke layar lebar. Film berjudul Steve Jobs yang dirilis Oktober 2015 diadaptasi dari buku autobiografi dengan judul yang sama karya Walter Isaacson.

Steve Jobs tidak terlahir sebagai innovator begitu saja. Banyak proses yang ia lewati untuk menjadikan produk Apple sebagai merek gedget terpopuler di dunia. Pada 1974 saat Steve berada di Reed College, ia bukan mahasiswa pada umumnya.

Dia tidak mengikuti kelas-kelas, berpakaian rapi, ataupun berpesta dengan gila. Ia lebih suka menenteng buku ke lingkungan kampus tanpa alas kaki, dan tertidur di salah satu sudut kampus.

Baginya, mengikuti perkuliahan adalah kegiatan yang tidak berguna, tak lebih dari sekadar memburu status sosial lewat gelar dan berakhir sebagai tukang listrik. Pria kelahiran Februari 24, 1955 akhirnya di drop out. Namun, salah satu dosen berpengaruh di kampus tersebut memperbolehkan Steve mengikuti kelas yang dia mau.

Pada 1976 ketika Steve Jobs tinggal bersama orangtua angkatnya di California, dan bekerja pada perusahaan Atari yang fokus pada pembuatan game. Ia kemudian mengerjakan proyek bersama teman masa kecilnya Steve Wozniak berupa teknisi komputer dengan nama The Apple 1. Dari situ, perjalanan Steve Jobs dalam mengubah industri penggunaan komputer dimulai.

Sifat pria bernama lengkap Steve Paul Jobs ini dikenal egois. Sebab, Mike Markkula, investor besar pertama yang percaya dengan perusahaan Apple itu, Steve adalah sosok revolusioner, sekaligus monster yang terbentuk karena ego. Markkula pernah berkata pada Steve bahwa "Musuh terbesarmu adalah dirimu sendiri."

Salah satu yang paling diingat dari sosok Steve adalah semangatnya yang tinggi. Ide gila dan kreativitas yang dimiliki oleh seorang Steve Jobs seolah tak akan pernah ada habisnya. Ia mengajarkan banyak hal kepada kita, bahwa orang yang gagal di bangku akademis bukan berarti tidak dapat mencicipi kesuksesan di masa depan.

Steve Jobs adalah seorang yang genius, visioner, dan merupakan perintis yang tidak mau menjadi pengikut. Karya-karyanya selalu menakjubkan dan membuat setiap orang terpesona.

Film Steve Jobs yang sangat menginspirasi ini berhasil memenangkan Golden Globes 2016, kategori Best Screenplay Motion Picture dan Best Supporting Actress in Motion Picture, lewat peran Kate Winslet dalam film tersebut. Demikian seperti dirangkum oleh Okezone, Senin (11/1/2016).

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini