Share

3 Kesalahan Fatal saat Bikin Mashed Potato

Devi Setya Lestari, Okezone · Selasa 12 Januari 2016 07:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 12 298 1285847 3-kesalahan-fatal-saat-bikin-mashed-potato-0tjl9AL3Ec.jpg Mashed potato (Foto:Veggyforpenny)

MASHED potato sering disandingkan saat makan steak. Cara membuatnya pun tidak sulit tapi jika salah maka bukan mashed potato lezat yang akan Anda dapatkan.

Dilansir dari Oprah, Selasa (12/1/2016), berikut tiga kesalahan yang kerap dilakukan saat membuat mashed potato. Perhatikan langkahnya dan hindari kesalahannya.

Memotong kentang terlalu kecil

Potongan kentang yang lebih kecil memang membuatnya lebih cepat matang, tapi jika terlalu kecil maka akan merusak tekstur mashed potato. Potongan kentang yang kecil akan menyerap banyak air sehingga kentang yang dihasilkan akan menjadi terlalu transparan dan berair. Sebaiknya potong kentang dengan ketebalan 1 ½ inci agar tekstur mashed potato bisa lembut tapi tidak terlalu banyak mengandung air.

Rendam kentang saat sudah matang

Kentang mentah memang harus direndam dalam air supaya tidak teroksidasi dan membuatnya berubah menjadi hitam. Tapi hal ini tidak boleh dilakukan saat kentang sudah dalam keadaan matang. Kentang yang sudah matang harus segara ditiriskan dan kemudian ditumbuk hingga menjadi bubur kentang. Merendam kentang matang akan membuatnya banyak menyerap air sehingga membuat mashed potato yang dihasilkan menjadi terlalu lembek.

Menumbuk dengan alat yang salah

Jangan pernah menghaluskan kentang menggunakan food processor berkecepatan tinggi karena alat ini akan membuat kentang menjadi seperti bergetah dan menghasilkan tekstur mashed potato seperti lem. Gunakan hand mixer atau alat penghancur kentang untuk hasil mashed potato yang lembut. Alat ini memang membutuhkan waktu lebih lama tetapi kentang yang dihaluskan punya tekstur yang lembut dan sempurna.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini