Share

Alasan Pria Lebih Cepat Mengantuk Setelah Bercinta

Erika Kurnia, Jurnalis · Rabu 13 Januari 2016 00:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 12 481 1286148 alasan-pria-lebih-cepat-mengantuk-setelah-bercinta-I46fNlMPxL.jpg Pria lebih sering mengantuk usai bercinta (Foto: Telegraph)

PERNAH bertanya-tanya mengapa seks membuat pria lebih cepat mengantuk daripada Anda? Para ahli menjawab, kondisi itu disebabkan keberadaan hormon prolaktin di tubuh pria.

Konsultan dan ahli tidur Men’s Health, W Christopher Winter, MD, mengatakan bahwa prolaktin menekan dopamin, neurotransmiter yang merangsang Anda untuk terus terjaga. Tubuh pria melepaskan cukup banyak hormon prolaktin ini.

Seperti dilansir dari Womesnhealth, Rabu (13/1/2016), hormon “perasaan baik" oksitosin juga melonjakan saat Anda berhubungan seks. ini kemudian membantu menenangkan stres dari pikiran dan membuat pria lebih mudah bersantai dan tertidur sesudahnya.

Dan (menyenangkan fakta) jika Anda berhubungan seks dengan lampu keluar, itu sinyal untuk jam internal tubuh Anda bahwa sudah waktunya untuk tidur. Ketika itu terjadi, hormon melatonin menyatu siklus tidurnya.

Ketika prolaktin, oksitosin, dan melatonin keluar bersamaan, pria akan habis diserang kantuk. Untuk mencegah pasangan pria Anda langsung terlelap setelah seks, pastikan Anda dan pasangan memilih posisi seks yang tidak horisontal, kata Dr Winter.

“Berbaring memberi sinyal bagi tubuh Anda untuk tidur,” ujarnya. Cara lain untuk mencegah suami Anda tidur sebelum waktunya adalah lakukan seks dengan lampu menyala. Dengan begitu, ia tidak akan memulai siklus tidurnya, lanjut Dr Winter.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini