Alasan Sinus Tak Kunjung Sembuh

Erika Kurnia, Jurnalis · Rabu 13 Januari 2016 09:30 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 12 481 1286559 alasan-sinus-tak-kunjung-sembuh-XagvT1VG5x.jpg Sinus membuat seseorang tidak nyaman (Foto: Zeenews)

MASALAH sinus memang menyebalkan. Ditambah lagi bila Anda kesulitan mengontrol pilek dan flu. Nyeri yang Anda rasakan di atas dan di bawah mata, sakit kepala tanpa henti, hidung mampet, dan ingus yang berwarna kuning kehijauan memang menjijikan.

Dengan pengobatan, infeksi sinus dapat mulai diatasi sekitar 48 sampai 72 jam dan harus dibersihkan sekitar tujuh sampai 10 hari, kata Roheen Raithatha, MD, spesialis THT. Namun, tanpa pengobatan infeksi sinus dapat bertahan beberapa minggu dan kadang-kadang sampai berbula-bulan.

Kebanyakan infeksi sinus dimulai sebagai infeksi virus pernapasan bagian atas. Beberapa dari kita mungkin lebih rentan mengidap masalah ini, sehingga membuat masalah sinus lebih sering dan lebih sulit untuk diobati. Orang-orang yang alergi biasanya akan lebih rentan.

Seperti dilansir dari Womenshealth, Rabu (13/1/2016), untuk melindungi diri Anda, pastikan Anda rajin mencuci tangan Anda dan selalu menutup mulut Anda ketika Anda batuk untuk menghindari kuman yang menyebabkan infeksi.

Ketika pengobatan tidak bekerja, Anda perlu banyak istirahat dan tetap terhidrasi. "Jika gejala tidak membaik dengan sendirinya, maka Anda perlu menemui dokter segera untuk mencari tanda-tanda infeksi bakteri," kata Raithatha.

Sebagian besar, gejala memang dapat berkurang dengan perawatan diri, tapi dokter Anda dapat meresepkan dekongestan, antihistamin, saline nasal spray, atau steroid hidung untuk membantu Anda.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini