nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gaya Hidup Sehat Kurangi Keparahan Osteoporosis

Erika Kurnia, Jurnalis · Kamis 14 Januari 2016 10:26 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 01 14 481 1287850 gaya-hidup-sehat-kurangi-keparahan-osteoporosis-TpYM1V7Wyf.jpg Wanita minum susu untuk mencegah osteoporosis (Foto: Guardyourhealth)

MENGETAHUI bahwa Anda menderita osteoporosis memang tidak menyenangkan. Pasalnya, keparahan osteoporosis umumnya baru dirasakan setelah bertahun-tahun kepadatan tulang Anda berkurang. Tapi, keparahan bisa dicegah dengan gaya hidup sehat.

“Osteoporosis merupakan kondisi hilangnya massa tulang. Ini banyak terjadi pada perempuan daripada laki-laki,” kata Dr Susan Hunter, seorang dokter kandungan/ginekolog dari rumah sakit Valley Baptist Medical Center dan Harlingen Medical Center.

Wanita sering mengalami osteoporosis setelah menopause karena tubuh mereka berhenti memproduksi estrogen, hormon yang membantu menjaga tulang yang kuat. Penurunan hormon ini dapat menyebabkan osteoporosis, yang menyebabkan tulang menjadi lemah dan rapuh.

"Ini berkaitan banyak dengan diet dan olahraga. Dengan demikian, gaya hidup sehat dapat membantu wanita mencegah osteoporosis atau keparahan," tambah Dr Diana Lozano, seorang internis di Valley Medical Associates, seperti dikutip dari Valleymorningstar, Kamis (14/1/2016).

Di Amerika, osteoporosis umum, tetapi tidak lazim seperti di bagian lain dunia, karena sekitar 30 persen dari penduduk negara serikat tersebut mengidap osteoporosis. Berdasarkan etnis, ini lebih umum di kalangan orang Asia dan Kaukasia.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini