nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fakta Penting tentang Osteoporosis

Erika Kurnia, Jurnalis · Kamis 14 Januari 2016 11:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 01 14 481 1287856 fakta-penting-tentang-osteoporosis-RHOG2DnLzv.jpg Ilustrasi osteoporosis (Foto: Fitlabor)

OSTEOPOROSIS adalah kondisi di mana tulang menjadi lemah. Semua orang memang akan kehilangan massa tulang ketika usia mereka bertambah, tetapi osteoporosis membuatnya terjadi lebih cepat.

Osteoporosis lebih sering terjadi pada wanita karena penurunan estrogen saat menopause menyebabkan kehilangan tulang lebih cepat. Kondisi ini juga bisa dipicu oleh beberapa obat resep (kortikosteroid atau obat anti-kanker) dan penyakit (termasuk rheumatoid arthritis dan anoreksia).

Gejala osteoporosis

Osteoporosis akan memicu patah tulang setelah benturan kecil atau terjatuh di pinggul, tulang belakang, dan pergelangan tangan. Fraktur atau patah tulang terjadi pada tulang belakang Anda, Anda mungkin tidak merasakan gejala, tapi tubuh Anda akan memendek atau bungkuk.

Cara mendiagnosis penyakit

Pemindai DXA (dual-energy X-ray absorptiometry) akan digunakan untuk mengukur kepadatan mineral tulang, dibandingkan dengan orang dewasa muda yang sehat. Nilai T akan diberikan dengan skor 1 sampai -1 yang berarti tulang normal, skor -1 sampai -2,5 yang berarti tulang lemah (ostopenia), dan skor di bawah -2,5 yang didiagnosis sebagai osteoporosis.

Pengobatan osteoporosis

Untuk ostopenia, atau osteoporosis ringan, Anda mungkin disarankan melakukan gaya hidup sehat seperti olahraga dan konsumsi kalsium dan vitamin D yang cukup. Untuk tulang sangat lemah, terapi obat yang tersedia termasuk bifosfonat (seperti alendronate), ranelate strontium, dan teriparatide. Demikian seperti dilansir dari Telegraph, Kamis (14/1/2016).

(hel)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini