nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Makanan Sehat Cegah Osteoporosis

Erika Kurnia, Jurnalis · Kamis 14 Januari 2016 12:55 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 01 14 481 1287980 5-makanan-sehat-cegah-osteoporosis-1yfamWfMNz.jpg Makan telur dapat cegah osteoporosis (Foto: Tabletalkatlarrys)

OSTEOPOROSIS adalah suatu kondisi di mana kualitas dan kepadatan tulang akan berkurang dengan cepat. Penyakit ini disebut sebagai silent disease karena tidak menunjukkan gejala pengeroposan tulang pada tahap awal.

Faktor risiko umum yang menyebabkan penyakit ini termasuk faktor keturunan, riwayat keluarga, gizi buruk, merokok, aktivitas fisik, dan berat badan rendah. Kelenjar tiroid dan kelenjar adrenal yang terlalu aktif juga dapat dikaitkan dengan osteoporosis.

Begitu orang didiagnosis osteoporosis, mereka harus mengikuti diet ketat untuk mempertahankan gaya hidup sehat dan memperlambat perkembangan penyakit ini. Apa saja makanan tersebut, berikut beberapa di antaranya, seperti dilansir dari Boldsky, Kamis (14/1/2016).

Ikan

Ikan adalah makanan yang sempurna untuk melawan osteoporosis karena kaya kalsium. Ikan seperti ikan sarden dan salmon merupakan sumber terbesar kalsium. Sehingga, rajin mengonsumsi ikan membantu menjaga kesehatan tulang, sehingga mencegah osteoporosis.

Yogurt

Yogurt yang merupakan fermentasi susu tinggi kalsium, vitamin, dan nutrisi. Vitamin D mencegah kehilangan tulang dan menjamin kesehatan tulang tetap baik. Probiotik dari yogurt juga membuat usus sehat, bahkan meningkatkan kekuatan kekebalan tubuh.

Susu

Konsumsi susu secara teratur adalah cara terbaik untuk mengurangi gejala osteoporosis. Susu dan produk susu lainnya yang kaya kalsium, protein, karbohidrat, dan vitamin, mencegah penuaan dini, reaksi alergi, sampai menyembuhkan luka lebih cepat.

Telur

Telur merupakan makanan ideal yang dapat Anda konsumsi untuk mencegah osteoporosis. Telur kaya vitamin, kalsium, selenium, dan folat yang melindungi kesehatan tulang dan mempromosikan kesehatan rambut dan kuku. Protein alami hadir dalam telur dapat mencegah risiko osteoporosis.

Pisang

Makan pisang secara teratur dapat membantu menyerap kalsium dan nutrisi penting yang memastikan kesehatan tulang. Hal ini juga melindungi tubuh terhadap kanker, diabetes, mual saat hamil, dan menurunkan tingkat depresi.

Kubis

Kubis merupakan sumber serat, vitamin, asam folat, dan mineral seperti mangan, besi, dan magnesium. Kubis memastikan tulang sehat dan kuat, karena kaya vitamin K dan membantu proses metabolisme tulang dan mencegah penyakit seperti Alzheimer.

(hel)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini