nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Manfaat Menikah bagi Kesehatan Tulang

Erika Kurnia, Jurnalis · Kamis 14 Januari 2016 15:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 01 14 481 1288100 manfaat-menikah-bagi-kesehatan-tulang-tjg6qcMLSX.jpg Ilustrasi (Foto: Lowerysmile)

MENIKAH tidak hanya baik untuk kesehatan mental. Penelitian juga menunjukkan bahwa mereka yang sedang dalam ikatan pernikahan bahagia memiliki tulang lebih kuat daripada mereka yang belum menikah, telah bercerai, telah menduda atau menjanda.

Penelitian yang dipublikasikan secara online dalam jurnal Osteoporosis International, melihat sejarah perkawinan dan dukungan suami atau istri yang dilaporkan oleh 632 orang dewasa. Data mereka dengan hasil pemeriksaan tulang lumbal dan kepadatan mineral tulang leher femur, yang dapat mengindikasikan kekuatan tulang kemudian dibandingkan.

Setelah menganalisis data, peneliti menemukan bahwa orang-orang yang belum pernah menikah, bercerai, menduda atau menjanda, memiliki kepadatan mineral yang secara signifikan lebih rendah daripada mereka yang masih berpasangan.

Sementara itu, pada wanita, tidak ditemukan hubungan yang signifikan antara menikah dan kepadatan tulang, tapi ada korelasi antara kesehatan tulang dan kualitas pernikahan. Studi ini juga melihat bagaimana kedekatan hubungan suami-istri.

Peneliti mengaku studi mereka memang hanya menunjukkan korelasi, bukan sebab-akibat. Tapi peneliti berspekulasi bahwa stres selama hidup dapat mempengaruhi kesehatan tulang. Jadi masuk akal bahwa pernikahan bahagia mendukung Anda untuk melindungi kesehatan tulang. Demikian seperti dilansir dari Womenshealthmag, Kamis (14/1/2016).

(hel)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini