nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kebanyakan Makan Makanan Asin Sebabkan Osteoporosis?

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 14 Januari 2016 16:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 01 14 481 1288134 kebanyakan-makan-makanan-asin-sebabkan-osteoporosis-VYUqDTaFbx.jpg Batasi konsumsi garam (Foto: Wisegeek)

SEBAGIAN orang suka menyantap makanan bercita rasa asin, tapi mereka tidak tahu risikonya. Peneliti mengklaim, jika tubuh Anda menerima banyak asupan garam akan memicu osteoporosis.

Profesor Linda K Massey, PhD, RD, dari Washington State University di Spokane mengatakan, wanita yang tinggal di Amerika Serikat banyak yang telah mengalami osteoporosis. Penyebabnya, mereka kerap mengonsumsi makanan mengandung garam berlebihan, yang selalu ditemukan dalam makanan khas Amerika.

"Pernah kami meneliti bahwa garam meja mengandung tinggi natrium yang dapat membatasi kalsium di dalam tubuh manusia. Akibatnya, 90 persen dapat memicu pengeroposan tulang," ujar Massey dikutip WebMD, Kamis (14/1/2016).

Berdasarkan saran dari Dietary Guidelines for Americans, dalam satu hari Anda cukup mengonsumsi garam sebanyak satu sendok teh saja. Takaran ini setara dengan 2.300 miligram per hari.

"Faktanya kebanyakan orang Amerika mengonsumsi garam setidaknya 4.000 miligram per hari. Akibatnya, asupan kalsium di tubuhnya akan hilang lewat urin," terangnya.

Dengan begitu, Anda harus cermat untuk membatasi asupan garam setiap hari. Jangan lupa pula, perbanyak makanan yang mengandung tinggi kalsium, seperti susu, kacang-kacangan, dan beberapa jenis sayuran lain.

Langkah ini dilakukan agar Anda tidak mengalami masalah tulang, dan nantinya memicu pada osteoporosis.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini