Langkah Jitu Turunkan Demam Anak dalam 5 Menit

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 15 Januari 2016 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 14 481 1288289 langkah-jitu-turunkan-demam-anak-dalam-5-menit-NAa9m7fotV.jpg Anak mengalami demam (Foto: Pediatrichouse)

ORANGTUA tak perlu khawatir lebih dulu bila sang buah hati mengalami demam tinggi. Cukup obati di rumah dengan beberapa teknik yang mungkin dapat membuat suhu panas turun dalam waktu lima menit.

Dilansir Boldsky, Jumat (15/1/2016), berikut adalah lima teknik untuk menurunkan demam yang melanda sang buah hati yang mudah dilakukan di rumah.

Pasta kentang

Bila anak demam, buat saja pasta kentang alami .Lalu masukkan adonan pasta tersebut ke dalam kaus kaki kecil dan pakaikan di kaki si kecil. Tunggu beberapa menit, suhu tubuhnya yang panas akan segera turun dalam waktu lima menit.

Kain basah

Rendam kain katun ke dalam air dingin, dan kompres dahi si kecil. Ulangi proses ini sesering mungkin, hingga demam turun.

Pakaian longgar

Biasanya orangtua panik dan langsung memberi si kecil pakaian berlapis-lapis. Jangan ulangi hal ini, dan beri dia pakaian longgar apabila tubuhnya demam. Pilih juga bahan yang menyerap keringat supaya dia nyaman.

Pakai kipas angin

Kalau kamar Anda terbiasa dengan suhu ruang AC, matikan saja bila anak demam. Segarkan udara dengan kipas angin yang aman bagi si kecil. Tapi jangan dekatkan anak dengan kipas angin secara langsung, karena akan membuatnya masuk angin.

Jangan keluar rumah

Lindungi si kecil saat demam di dalam rumah saja. Jangan biarkan dia bermain di luar ruangan, karena tentu dapat meningkatkan suhu tubuhnya. Lebih baik, tidurkan dia di kamar dengan suhu yang tepat agar tidak rewel.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini