nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Manfaat Bumil Berjemur di Lampu bagi Bayi

Erika Kurnia, Jurnalis · Kamis 14 Januari 2016 20:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 01 14 481 1288346

SINAR matahari adalah sumber penghasil vitamin D yang berfungsi menjaga kalsium tubuh. Paparan yang cukup di trisemester akhir kehamilan akan mengurangi risiko anak mengalami osteoporosis di usia lanjut.

Bahkan wanita yang melahirkan selama musim dingin sehingga tidak terpapar matahari, harus menggunakan lampu matahari selama tiga bulan terakhir kehamilan untuk melindungi anak mereka dari osteoporosis di kemudian hari.

Penelitian terakhir menemukan bahwa anak yang lahir dari ibu yang selama trisemeter ketiga ada di bulan musim panas, 40 persen lebih kecil kemungkinannya untuk menderita kondisi penipisan tulang saat dewasa. Sementara itu, wanita yang hamil saat musim dingin sebaiknya memanfaatkan lampu matahari atau mengonsumsi suplemen vitamin D.

"Wanita hamil harus mendapat asupan vitamin D yang cukup dari suplemen atau paparan sinar matahari yang baik," kata Dr Marwan Bukhari, konsultan rheumatologis di Royal Lancaster Infirmary, seperti dilansir dari Boldsky, Kamis (14/1/2016).

Dalam studi ini, tim peneliti mempelajari 17.000 pasien yang dicek kesehatannya selama 1992 dan 2004. Mereka menemukan bahwa pasien di bawah usia 50 tahun 40 persen lebih mungkin untuk mengembangkan osteoporosis jika ibu mereka berada di trimester ketiga.

Pasien yang lebih tua, 20 - 40 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami osteoporosis jika ibu mereka mengandung mereka sampai trisemester terakhir di musim panas.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini