nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sayur Besan, Hidangan Lezat Khas Betawi

Dinno Baskoro, Jurnalis · Jum'at 15 Januari 2016 06:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 01 15 298 1288614 sayur-besan-hidangan-lezat-khas-betawi-fQdftTCRIU.jpg Sayur besan (Foto:Kulinerpanduanwisata)

SAYUR besan, mungkin Anda belum begitu familiar dengan hidangan ini. Sesuai dengan namanya, sayur besan mengisyaratkan hubungan yang erat kaitannya dengan besanan, dalam bahasa Betawi bermakna pernikahan.

Bahan utama untuk membuat sayur besan adalah telur terubuk. Jenis sayuran ini banyak dijumpai hampir di berbagai daerah di Tanah Air.

Misalnya saja di Tanah Sunda, biasanya telur terubuk dikukus sebentar dan dijadikan sebagai cocolan sambal. Lain hal jika di Ternate, jenis sayuran ini disebut sayur lilin karena bentuknya mirip lilin. Biasanya sayur lilin dimasak kuah soru atau kuah asam.

Jika di Betawi, sayur telur terubuk dipadukan dengan kuah santan dan dijadikan sayur besan. Konon, kesamaan penggunaan sayur telur terubuk di Betawi, terpengaruh oleh tradisi Sunda.

Lebih lanjut, hidangan sayur besan sering kali diberi tambahan kentang, terkadang ditambahkan soun, terasi atau ebi sebagai bumbu utama dan diberi kuah santan.

Warnanya cenderung kekuningan, namun berbeda dengan kari. Tambahan ebi atau terasi, membuat kuah sajian ini punya rasa yang mirip laksa Betawi.

Begitupun dengan petai yang jadi campuran kuah sayur besan. Petai ini bisa memberi aroma khas dan menggugah selera makan.

Kunci kelezatan sayur besan terdapat pada kuah dan tekstur sayur terubuk. Jika dimasak dengan benar, maka rasanya yang gurih akan nikmat disantap dengn sayur terubuk yang punya tekstur unik. Demikian sebagaimana dikutip dari buku 100 Maknyus Jakarta, karya Bondan Winarno, Lidia Tanod dan Harry Nazarudin, Jumat (15/1/2016).

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini