Share

Efisien Manfaatkan KIS demi Hemat Anggaran

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 15 Januari 2016 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 15 481 1289274 efisien-manfaatkan-kis-demi-hemat-anggaran-ONXleyoAJo.jpg Ilustrasi peserta BPJS Kesehatan (Foto: Okezone)

KARTU Indonesia Sehat (KIS) untuk masyarakat Penerima Bantuan Iuran (PBI) telah didistribusikan. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengimbau masyarakat supaya memanfaatkan kartu sakti itu dengan efisien.

"Manfaatkan KIS, KKS, bahkan KIP se-efisein dan efektif mugkin. Jadi,

kalau panas biasa bisa diobati di rumah minum jahe saja. Baru, kalau demam tinggi lebih dari tiga hari ke dokter berobat pakai KIS," ujarnya saat melalukan spot check KIS di Batujajar, Kabupaten, Bandung Barat, Jawa Barat, Jumat (15/1/2016).

Cara ini, menurut dia, dapat menghemat anggaran pemerintah dari segi pembiayaan kesehatan.

"Kalau bapak atau ibu (masyarakat-red) berobat kan pakai uang pemerintah. Maka, supaya pintar-pintar pakai kartunya," imbuhnya.

Lebih lanjut, dia menambahkan, seperti yang sudah disampaikan, di tahun 2015 pemerintah telah memverivikasi kartu sakti itu hampir 87 juta peserta.

"Ini artinya komitmen pemerintah kepada rakyat jadi bertambah. Walaupun kita ingin rakyat tidak sakit, tapi kalau masyarakat butuh layanan kesehatan kami siapkan," tukasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini