Teknik Menghapus Tahi Lalat dan Kutil

Erika Kurnia, Jurnalis · Minggu 17 Januari 2016 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 16 481 1289788 teknik-menghapus-tahi-lalat-dan-kutil-tazgvbRslX.jpg Kenali bercak pada kulit (Foto: Shutterstock)

KULIT adalah bagian terluar tubuh yang paling sering diperhatikan. Bila muncul sesuatu yang mengganggu, seperti kutil yang membesar atau tumbuh banyak di daerah yang sering nampak kepercayaan diri Anda adalah taruhannya. Saat itulah biasanya orang mencari jalan pengobatan.

Disampaikan dokter spesialis kulit dan kelamin RS Bunda Jakarta, dr Rachel Djuanda, SpKK, tahi lalat atau kutil yang membesar kerap kali dikhawatirkan orang sehingga mereka menginginkan pengobatan. Perlu diketahui, baik tahi lalat atau kutil adalah di antara lima tumor jinak kulit yang kerap dialami oleh masyarakat Indonesia.

Lima kelainan itu adalah nevus pigmentosus atau tahi lalat, keratosis seboroik, xantelasma, keloid, dan veruka vulgaris atau lebih dikenal sebagai kutil. Meski terdengar mengerikan, karena masuk kategori tumor jinak, kelimanya masih dapat ditangani dengan teknik bedah.

"Ada teknik bedah pisau, bedah listrik, dan bedah beku. Ketiganya diaplikasikan berbeda-beda tergantung pada indikasi atau keluhan pasien. Namun, bila bentuk tumor jinak ini sudah mengakar, seperti tahi lalat, maka lebih baik ditangani dengan menggunakan bedah pisau," terangnya dalam seminar media di RSU Bunda Jakarta, belum lama ini.

Bila tumor jinak yang ditemukan hanya berada di permukaan kulit, menurut Rachel, itu bisa ditangani dengan bedah listrik dan beku. Bedah listrik dilakukan untuk membuang jaringan yang tumbuh seperti kutil atau tumor kecil dengan alat electrocauter. Sedangkan bedah beku, membuang jaringan yang tumbuh secara patologis dengan menyemprotkan nitrogen cair yang bersuhu -196 derajat celcius sehingga mudah terangkat.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini