Minum Pil KB tetapi Masih Hamil

Tentry Yudvi, Jurnalis · Selasa 19 Januari 2016 14:26 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 19 481 1291794 minum-pil-kb-tetapi-masih-hamil-Lxr8nF5NpP.png Ilustrasi pasangan suami-istri (Foto: Lifescience)

SAAT wanita memilih untuk mengikuti progam KB dengan meminum pil. Tidak sedikit diantaranya tetap masih bisa hamil.

Hal ini terjadi karena wanita tersebut tidak rutin dalam menjalankan progam KB dengan meminum pil setiap harinya. Dan pada saat wanita tersebut lupa meminum pil KB kemudian melakukan hubungan intim dengan suami, dan hamil. Hal ini sering dikaitkan dengan ketidakampuhan pil KB tersebut.

“Wanita hamil saat tengah menjalani progam KB dengan meminum pil, kesalahan terjadi pada wanita tersebut. Hal ini dikarenakan mereka tidak disiplin dalam menjalankan progam KB ini, sehingga terjadilah kehamilan sesudah berhubungan intim dengan suami,” jelas Anash sebagai bidan di Kecamatan Percut Satuan, Sumatera Utara, yang ditemui Okezone, Senin, 18 Januari 2016.

Seharusnya jika wanita sudah memilih untuk menjalankan progam KB dengan langkah minum pil. Mereka harus mengikuti siklus kalender keluarga berancana untuk tetap terus menjaga progam keluarga sejahtera.

“Saya memiliki pasien yang saat ini sudah minum KB selama puluhan tahun, tetapi dia masih tetap terjaga progam kesejahteraan masyarakatnya. Tapi kalau yang tidak rutin, kehamilan tentu pasti akan terjadi. Pasalnya, minum pil KB tidak bisa sehari minum besoknya tidak, tetapi harus melakukannya dengan rutin dan telaten,” jelas Anash.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini