Share

Tips Perbaiki Saus yang Rusak

Devi Setya Lestari, Okezone · Jum'at 22 Januari 2016 14:20 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 22 298 1294563 tips-perbaiki-saus-yang-rusak-rwQC0WeKfA.jpg Saus sambal (Foto:Dutaflavor)

KADANG saus digunakan hanya sebagai bahan pelengkap sehingga hanya digunakan saat dibutuhkan dan itupun dalam jumlah terbatas. Tak jarang saus disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama dan rusak.

Saus pasta rusak tentu membuat kecewa apalagi saat Anda sangat membutuhkannya. Ternyata saus yang baru saja rusak bisa diperbaiki dengan cara dan bahan yang sederhana. Dilansir dari TheKitchn, Jumat (22/1/2016), simak tips berikut agar saus yang rusak masih bisa digunakan untuk memasak.

Tambahkan air, cuka atau anggur

Menambahkan bahan seperti air, cuka atau anggur bisa dilakukan saat saus baru mulai rusak. Genangan lemak di pinggir wadah saus menandakan kondisi saus sudah tidak berkualitas prima tetapi masih bisa diperbaiki. Tambahkan sedikit air, cuka atau anggur pada saus bisa membuat saus kembali bisa digunakan. Jangan lupa mengaduknya hingga rata atau mengocoknya sebelum menggunakan saus.

Gunakan kuning telur

Jika Anda mendapati saus sudah rusak sepenuhnya maka segera buang lemak yang menggenang di atas saus. Tanda saus sudah rusak juga bisa dilihat dari teksturnya yang berubah menjadi lebih kental dan padat.

Untuk menyiasatinya, Anda memerlukan kuning telur. Ambil sebutir kuning telur lalu kocok lepas. Tambahkan satu sendok teh kuning telur ini ke dalam saus dan kocok kembali hingga tercampur rata. maka saus akan punya tekstur yang kembali bagus dan bisa digunakan.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini