Share

Cara Bikin Saus Sendiri di Rumah

Devi Setya Lestari, Okezone · Jum'at 22 Januari 2016 15:50 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 22 298 1294629 cara-bikin-saus-sendiri-di-rumah-c64rOlL9sa.jpg Saus sambal (Foto:Dutaflavor)

KURANG yakin dengan kualitas dan keamanan saus sambal yang dijual bebas di pasaran? Sebaiknya buat sendiri di rumah agar lebih tenang saat menyantapnya, apalagi jika saus disuguhkan untuk keluarga tercinta.

Dilansir dari PickYourOwn, Jumat (22/1/2016) berikut langkah yang harus dilakukan saat membuat saus sambal sendiri di rumah.

Pilih bahan

Untuk mendapatkan kualitas saus yang bagus maka hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih bahan yang segar dan berkualitas. Pilihlah cabai, tomat dan berbagai bahan lain yang akan digunakan untuk membuat saus. Pilih bahan yang punya tekstur permukaan masih kencang, tidak lembek dan tidak busuk.

Bersihkan wadah

Sebelum saus dibuat sebaiknya cari terlebih dulu wadah yang nantinya akan digunakan untuk menyimpan saus, sebaiknya pilih wadah berbahan kaca karena wadah jenis ini bisa disterilkan dengan cara dipanaskan sehingga saus yang disimpan bisa bertahan lebih lama.

Mulai membuat saus

Rebus cabai dan tomat dalam air mendidih selama kurang lebih satu menit lalu tiriskan hingga air berkurang. Kupas kulit tomat agar kulitnya tidak merusak tekstur saus. Haluskan tomat dan cabai menggunakan blender hingga halus. Masak saus hingga tingkat kekentalan yang diinginkan. Tambahkan cuka lalu aduk dan didihkan kembali.

Simpan dalam wadah

Masukkan saus yang sudah siap ke dalam wadah kaca lalu dinginkan hingga uap panasnya hilang. Tutup hingga rapat lalu rebus bersama wadahnya selama 15 menit. Angkat dan simpan dalam lemari es agar bertahan lebih lama. Ketika akan digunakan, keluarkan dari lemari es dan biarkan dalam suhu ruang.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini