nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Travel Agen di Sabang Belum Terkoordinasi dengan Baik

Salman Mardira, Jurnalis · Sabtu 23 Januari 2016 22:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 01 23 406 1295519 travel-agen-di-sabang-belum-terkoordinasi-dengan-baik-igs9WW9649.jpg Travel agen di Sabang belum terkoordinasi dengan baik (Foto: Cruisefever)

KOTA Sabang terus didatangi Cruise dunia, bahkan tahun 2016 ada 15 unit cruise yang menjadwalkan kunjungannya ke Pulau Weh, Sabang.

Hal ini membuka potensi bisnis menjanjikan bagi agen pariwisata (travel agen). Deputi Komersial dan Investasi Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS), Syafruddin Chan mengatakan selama ini masih banyak turis kapal pesiar berkunjung ke Sabang, belum terakomodasi sepenuhnya oleh agen wisata.

“Sehingga, hampir separuh dari jumlah turis yang berkunjung ke Kota Sabang ini memilih jalan sendiri karena tidak dapat terakomodir,” katanya, baru-baru ini.

Syafruddin Chan mengajak travel agen memanfaatkan peluang ini dengan mengembangkan sayap bisnisnya ke Sabang dan menjual jasa kepada wisatawan cruise. "Ini merupakan peluang bagi travel agen,” sebutnya.

Sepanjang Januari 2016, Sabang sudah tiga kali dikunjungi cruise. Paling anyar, Kamis (21/2) kemarin, kapal pesiar MV Seven Seas Voyager membawa 682 turis dari Eropa, Amerika dan Asia merapat ke Sabang.

Sayangnya, tak semua wisatawan asing itu terfasilitasi untuk jalan-jalan menikmati Pulau Weh karena terbatasnya agen pariwisata yang menyediakan fasilitasnya di sana.

"Kendaraan yang dipersiapakan oleh travel agen masih kurang, hal itu dikarenakan minimnya ketersediaan kendaraan roda empat dan tiga (becak) di Sabang ini sehingga banyak dari turis berkeliling menikmati wisata Sabang secara individu tanpa mengambil paket," ujar Syarifuddin.

Menurutnya peluang ini bisa dimanfaatkan agen wisata untuk menawarkan paket wisata dan fasilitas pendukungnya bagi pelancong kapal pesiar yang berkunjung ke Sabang di masa mendatang.

Kepala Unit Manajemen Pelabuhan BPKS, Zulkarnaini Abdullah menyebutkan, dalam tahun ini sudah ada 15 unit kapal pesiar yang menjadwalkan berkunjung ke Sabang.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini