Sebastian Gunawan Rilis Koleksi Dinnerwear Eksklusif

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Selasa 26 Januari 2016 17:17 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 26 194 1297644 sebastian-gunawan-rilis-koleksi-dinnerwear-eksklusif-bYKvUE3cJL.png Seba rilis busana teranyar (Foto: Annisa/Okezone)

JIKA desainer Sebastian Gunawan mendesain beberapa potongan busana itu merupakan hal yang biasa. Lantas, bagaimana jika Seba, sapaan akrabnya, mendesain untuk keramik homeware?

Ya, desainer kenamaan ini telah resmi meluncurkan koleksi dinnerware eksklusif. Koleksinya tersebut merupakan hasil kerja sama antara St. James Ceramic Tableware, dan SOGO Dept. Store.

Dan, bukan Seba jika tidak menghasilkan karya dengan sentuhan detil pola dan warna yang khas. Seba mengeluarkan koleksi dinnerwear dengan dua tema yang berbeda.

"Kebetulan untuk desainnya sudah ada beberapa pilihan dari St. James. Karena keterbatasan waktu saya mengambil beberapa desain yang disesuaikan pula dengan saya," papar Seba dalam konferensi pers 'Dine With Me' yang berlangsung di Tugu Kunstkring Palais, Jakarta Pusat, Selasa (26/1/2016).

Pertama adalah tema Blue Blood, yang mengusung konsep royal kingdom dinner atau bisa juga untuk celebration. Koleksi tema ini disesuaikan untuk dapat digunakan pada perayaan hari besar, seperti Natal, Tahun Baru, dan Tahun Baru China.

Perpaduan antara warna biru dan putih dengan sentuhan merah dan kuning membuat koleksi ini bertajuk Blue Blood. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, Blue Blood berarti darah biru atau dikenal dengan ningrat.

"Awalnya hanya warna biru dan putih, saya lihat rasanya masih ada yang kurang. Lalu, saya tambahkan sentuhan warna merah yang menurut orang China melambangkan keberuntungan. Kemudian, ada touch of yellow yang berarti keemasan atau kejayaan," ungkap Seba.

Koleksi ini tersedia dalam dua perangkat, yakni dinner set untuk 20 orang yang terdiri atas dinner plate, salad plate, cake plate, sauce dish, dan mangkuk. Berikutnya adalah tea set untuk 15 orang yang terdiri atas tea pot, sugar pot, creamer, saucer, dan seperangkat cake plate dua tingkat.

Untuk koleksi kedua, Seba memberi nama Tree of Life yang lebih bergaya kasual dan natural. Di mana ini terinspirasi dari filosofi kehidupan setiap umat manusia.

"Segala sesuatu bermula dari yang kecil dan terus berkembang menjadi besar. Sehingga di sini detailnya akan ada setangkai daun dengan kumbang," imbuh desainer yang juga merupakan anggota Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI) ini.

Meski ini bukan kali pertamanya bagi Seba untuk merancang keramik, tetapi Seba mengaku tetap merasa kesulitan. Terlebih dengan proses pembuatan yang hanya memakan waktu tiga bulan.

Sebagai pelengkap dalam konferensi pers hari ini, Seba juga menampilkan dua buah busana yang menggambarkan setiap koleksi dinnerwear-nya tersebut.

"Memang dua busana tersebut dibuat sebagai pelengkap saja, tidak khusus. Untuk koleksi Blue Blood busananya seperti teko atau gentong, sementara yang Tree of Life seperti kupu-kupu dengan cape transparan. Jadi, ada sisi keras dan lembutnya," tandasnya.

Koleksi dinnerware ini sudah hadir di sejumlah gerai SOGO di Jakarta dengan harga Rp3.5 juta hingga Rp5.9 juta untuk satu set.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini