Penyakit Kolesterol Tak Hanya Serang si Gemuk

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Selasa 26 Januari 2016 16:37 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 26 481 1297584 penyakit-kolesterol-tak-hanya-serang-si-gemuk-mIW7hArg78.jpg Badan kurus bisa terserang kolesterol (Foto: Indiatimes)

SELAMA ini kita hanya mengetahui penyakit kolesterol menyerang orang gemuk. Benarkah orang berbadan kurus tidak berisiko?

Jangan heran bila Anda berbadan kurus tiba-tiba kadar kolesterol melonjak. Kadar kolesterol total yang normal adalah di bawah 200.

Prof DR. Dr Budhi menjelaskan mengenai alasan orang berbadan kurus memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Menurutnya, orang berbadan kurus memiliki kadar kolesterol yang tinggi disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat.

"Orang kurus kena kolesterol? Alasan pastinya karena makanan atau memang sistem metaboliknya banyak memproduksi kolesterol," ujarnya di Kantor Yayasan Jantung Indonesia, Gondangdia, Jakarta Pusat, Selasa (26/1/2016).

Lebih lanjut, Dr Budhi mengatakan, makan makanan tertentu memang dapat menyebabkan kadar kolesterol di dalam darah melonjak. Menurutnya, biasanya, makan makanan yang dapat menyebabkan kadar kolesterol melonjak justru lezat, termasuk daging merah.

"Karena itu, dalam pencegahannya harus diet seimbang, jangan minum obat dahulu. Kalau tidak turun baru minum obat statin dan ke dokter," tutupnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini