nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Begini Rasa Kopi Vietnam yang Diseruput Mirna

Fadhly Fauzy, Jurnalis · Rabu 27 Januari 2016 17:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 01 27 298 1298526 begini-rasa-kopi-vietnam-yang-diseruput-mirna-95b0PKrTnt.jpg Ilustrasi es kopi vietnam (Foto:Dino/Okezone)

KOPI khas Vietnam yang sempat diseruput mendiang Mirna, kini ramai dibicarakan, bahkan dicari oleh banyak pengunjung. Sebenarnya seperti apa kopi khas Vietnam seharga tiga puluh ribuan tersebut?

Menurut pengakuan pegawai Olivier Cafe, Vietnamese Coffee sebenarnya bukan kopi yang berasal dari Vietnam, namun diracik dengan gaya khas Vietnam. Bahannya sendiri menggunakan kopi robusta biasa dengan menggunakan susu kental manis.

"Kopinya pakai robusta biasa, cuma diracik pakai gaya Vietnam trus dicampur dengan susu kental manis," ungkap salah seorang pegawai kafe itu yang enggan menyebutkan namanya kepada Okezone, Rabu (27/1/2016).

Untuk cara penyajiannya sendiri menggunakan sebuah alat yang disebut Vietnam Drip. Vietnam Drip berfungsi untuk menyaring ampas dari bubuk kopi agar yang dihasilkan hanya sari kopi tersebut.

Jadi kopi akan menetes sedikit demi sedikit ke dalam gelas. Seperti mengikuti cara Vietnam, yaitu, sebelum menyeduhkan kopi, di dalam gelas sudah tertuang susu kental manis.

Sedangkan untuk masalah rasa, Vietnamese Coffee sendiri memiliki kandungan rasa yang sedikit lebih pahit, namun juga terkandung rasa manis di dalamnya dari susu kental manis, tidak jauh berbeda dengan coffemix yang mudah ditemukan di pasaran.

"Rasanya sedikit lebih pahit, tapi karena pakai susu kental manis jadi bisa mengimbangi rasa pahit kopinya. Mirip coffemix lah," ungkapnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini