Vitamin C Cukup Efektif Cegah Flu?

Erika Kurnia, Jurnalis · Kamis 28 Januari 2016 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 27 481 1298703 vitamin-c-cukup-efektif-cegah-flu-1oy7e9OyCx.jpg Asupan vitamin C (Foto: Watchfit)

VITAMIN C, yang sering disebut-sebut dapat sembuhkan flu dan infeksi pernapasan lainnya, sedikit berdampak pada kasus flu, menurut jaringan independen peneliti ilmiah Cochrane Collaboration. Menghindari stres adalah kunci untuk menjaga Anda tetap sehat.

Vitamin C memang memiliki kemampuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh dengan menjaga pencernaan. Tapi stres juga memberi dampak yang sama buruknya bagi ketahanan tubuh. Para ahli pun menyarankan bahwa olahraga dan meditasi lebih baik daripada obat-obatan atau suplemen.

Bahkan, uji coba terkontrol secara acak baru-baru ini menyimpulkan bahwa mereka yang berolahraga atau bermeditasi secara teratur lebih sedikit mengidap penyakit pernapasan akut daripada kelompok kontrol yang kurang menerapkan gaya hidup sehat.

Meningkatkan hubungan dan komunikasi dengan orang yang dicintai atau mencari bantuan terapis juga dapat membantu. Dalam percobaan klinis dilakukan dengan anak-anak antara usia 8-12 tahun, orang-orang yang berbicara dengan terapis tentang manajemen relaksasi telah meningkatkan suasana hati dan penurunan frekuensi pilek.

Saat stres dapat ditangani, kadar sekretori imunoglobulin A, salah satu molekul yang bertanggung jawab untuk melindungi permukaan mukosa seperti paru-paru dari infeksi, meningkat. Demikian seperti dilansir dari Dailymail, Kamis (28/1/2016).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini