Waspada Cacar Air Picu Radang Paru-Paru

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 28 Januari 2016 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 28 481 1299510 waspada-cacar-air-picu-radang-paru-paru-s2zi6eZHAP.jpg Cacar air bisa sebabkan radang paru-paru

CACAR air adalah salah satu penyakit menular yang dapat menyebabkan pneumonia atau radang paru-paru. Karena itu, Anda harus mencegah sebelum golden periode tiba dalam waktu 24 jam.

"Cacar air memiliki masa golden periode selama 24 jam. Kita cegah supaya penyakit ini penyembuhannya lebih cepat dan tidak terjadi komplikasi," ujar dr Melyarna Putri, MPH saat ditemui usai peluncuran aplikasi Berbagi Sehat Lifebouy di kawasan SCBD Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (24/1/2016).

Bagi orang yang tidak paham, menurut dr Mely, cacar air bisa menyebabkan komplikasi berupa pneumonia. Ini akan mengakibatkan radang paru-paru yang membahayakan.

"Jika dalam waktu 24 jam ini tidak dicegah akan rentan terjadi pneumonia. Karena imunitas anak saat itu rendah," imbuhnya.

Lebih lanjut, dokter cantik yang praktik di RS Kartika Husada Bekasi itu menambahkan, cacar air disebabkan oleh virus. Penyakit ini juga mudah menular melalui udara dan air liur di saat bersin.

"Cacar air mudah menular dari satu anak ke anak lain di lingkungannya. Maka orangtua harus mencegah bagaimana agar si anak tidak tertular dan tidak menyebabkan penularan penyakit itu sendiri," simpulnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini