nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Minum Obat dengan Sendok Dapur Bikin Overdosis?

Erika Kurnia, Jurnalis · Jum'at 29 Januari 2016 10:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 01 29 481 1299763 minum-obat-dengan-sendok-dapur-bikin-overdosis-5Zf2wINpe3.jpg Cermat cara meminum obat (Foto: Newsmax)

MASIH menggunakan sendok dapur untuk memberi minum obat anak Anda? Sekarang, cara itu tidak lagi disarankan. Mengukur obat yang harus diminum dengan sendok tanpa ukuran dapat membuat pasien overdosis atau sebaliknya, kata sebuah penelitian baru.

Peneliti melacak kebiasaan minum obat dari 177 orang dewasa muda. Partisipan tersebut biasa menggunakan sendok teh atau sendok makan dan ditemukan melakukan kesalahan dosis lebih dari 8 sampai 12 persen.

Brian Wansink dari Cornell University dan Koert van Ittersum dari University of Groningen berharap agar penemuan ini membuat pihak berwenang menyarankan agar industri farmasi memberi informasi tentang takaran dalam milimeter dosis yang disarankan dan memberi cangkir takaran yang tepat.

"Ketika menakar obat, seringkali kita menggunakan sendok rumahan yang bisa tidak akurat. Mengukur milimieter memang sulit jika hanya menggunakan mata," jelas van Ittersum, seperti dilansir dari Newsmax, Jumat (29/1/2016).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini