Moms, Anak Demam Jangan Kompres Pakai Air Es!

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 31 Januari 2016 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 29 481 1299775 moms-anak-demam-jangan-kompres-pakai-air-es-3pRu92Yuj7.jpg Anak demam jangan kompres pakai air es (Foto: Pediatrichouse)

MOMS, Anda tentu sering mengompres dahi anak dengan air es di saat mereka demam. Sebaiknya, cara ini jangan dilakukan lagi karena berisiko.

dr Melyarna Putri, MPH dari RS Kartika Husada Bekasi menjelaskan, secara fungsi kompres dilakukan untuk menurunkan suhu panas tinggi menjadi rendah.

"Kalau kita kompres saat anak demam yang dianjurkan adalah pakai air hangat. Diharapkan bisa menurunkan suhu tubuh yang panas," ujarnya saat ditemui di kawasan SCBD Senayan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Sementara, tambah dr Mely, bila Anda menggunakan air es untuk mengompres anak yang sedang demam, dikhawatirkan menyebabkan pori-pori kulit tertutup.

"Mengompres anak demam dengan air dingin mengakibatkan suhu tubuh panas tidak berubah. Bisa-bisa suhunya bisa turun drastis, tapi beberapa jam kemudian naik lagi," terangnya.

 Lebih lanjut, dr Mely menyebutkan, kompresan air dingin hanya cocok digunakan untuk menghilangkan peradangan atau mengurangi kaki bengkak. Selebihnya, gunakan cara tepat untuk menurunkan demam anak agar tidak mengkhawatirkan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini