nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kusta Tidak Mudah Menular

Erika Kurnia, Jurnalis · Minggu 31 Januari 2016 09:39 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 01 31 481 1301266 kusta-tidak-mudah-menular-kARQ8dcesB.jpg Kusta tidak menular (Foto: Healthtap)

MESKI merupakan salah satu penyakit menular, ternyata penyakit kusta tidak mudah menular seperti yang dibayangkan. Pasalnya penyakit ini bukan ditularkan lewat kontak langsung dengan kulit yang terdampak, melainkan melalui pernapasan.

Namun demikian, seseorang yang dapat tertular bakteri mycobacterium leprae melalui cairan yang keluar dari saluran pernapasan tidak akan selalu sakit dan menderita kusta.

"Perlu kontak dalam jangka waktu lama untuk penderita dapat menularkannya ke orang lain, sehingga biasanya terjadi pada orang yang tinggal serumah," ungkap dr Wiendra Waworuntu, MKes, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes RI, di Jakarta, belum lama ini.

Bahkan penelitian menunjukkan bahwa dari lima persen orang yang dapat tertular, hanya akan ada dua persen yang akan membutuhkan pengobatan. Sementara tiga persen lainnnya akan sembuh sendiri.

"Misalnya 100 orang yang kontak langsung dengan penderita, 95 orang akan sehat-sehat saja. Sementara dari sisa lima orang yang tertular, 3 di antaranya akan tertular dan sembuh dengan sendiri, dan 2 orang lainnya akan sakit dan membutuhkan pengobatan," terangnya.

Tapi ketika penderita mengenal seperti apa itu kusta dan mau memeriksakan diri sehingga kondisinya bisa diperbaiki, orang yang tertular kusta tidak perlu khawatir akan mengalami keparahan sampai kecacatan.

"Kalau kusta bisa ditemukan lebih dini dan pasien mau memeriksakan diri kemudian mengikuti pengobatan dengan tepat, penderita kusta dapat sembuh dengan cepat dan menghindari kecacatan," pesannya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini