Image

Jauh dari Ibu Kota Bukanlah Halangan

Afiza Nurmuseriah, Jurnalis · Senin 01 Februari 2016, 13:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 02 01 196 1301936 jauh-dari-ibu-kota-bukanlah-halangan-jHCIEZjhbj.jpg Lona Hutapea (Foto: )

MENJADI anak Timur Indonesia bukanlah halangan untuk berprestasi dan menciptakan karya yang bermanfaat bagi orang lain. Itu pula yang dilakukan oleh penulis Lona Hutapea Tanasale, wanita asli Ambon, Maluku.

Sebagai 'nyong Ambon' yang menghabiskan masa muda di Tanah Maluku sampai dengan bangku sekolah menengah atas tidaklah mudah bagi Lona, untuk mendapatkan pengetahuan yang luas. Terlebih pada zamannya, moderenitas belum terlalu masuk ke Ambon, sehingga mengharuskannya berusaha lebih keras lagi dengan banyak membaca buku.

Untungnya, Lona mempunyai orangtua yang sangat mendukung. Lona sangat merasa diberkati dengan memiliki ayah seorang pegawai negeri sipil di pemerintahan Ambon yang sering pergi dinas ke Jakarta dan sepulangnya dari dinas almarhum (ayah Lona telah wafat sejak tahun 1999) selalu membelikan banyak buku.

“Sewaktu kecil papa saya sering membelikan buku kalau sedang dinas ke Jakarta. Tak tanggung-tanggung yang paling berkesan, papa membelikan buku paket (pengantar mata pelajaran) SD sampai dengan kelas 6. Lalu, selain itu papa juga membelikan saya buku archipelago, bayangkan saja, sudah sejak SD saya dijejeli buku seperti itu, tapi saya menikmati sekali akan hal itu,” cerita Lona antusias.

Dari situlah, meski ia hanya berkutat di Ambon sampai dengan SMA, Lona yang mendapatkan jalur prestasi untuk masuk pendidikan sarjana Ekonomi Sumber Daya Pertanian Institut Pertanian Bogor tahun 1989 ini mengaku dengan penuh kebanggaan bahwa wawasannya tetap seluas dunia berkat buku-buku yang ia baca.

Dan akhirnya menghantarkan dirinya ke banyak prestasi, yakni, untuk pemilihan Siswa Teladan Nasional yang mewakili Ambon. Tak hanya sekali, kesempatan untuk ke Jakarta untuk mewakili Ambon Lona lakukan sejak ia duduk di bangku sekolah menengah pertama pada tahun 1985 dan menengah atas pada tahun 1988. Lalu ia juga mengikuti ajang Pemilihan Remaja Indonesia yang sekarang lebih dikenal dengan pemilihan Gadis Sampul pada tahun 1988.

Dari sekian pengetahuan yang ia miliki dan prestasi yang diraih akhirnya membuat Lona tertarik dengan hal yang berbau internasional, lantas Lona remaja bercita-cita menjadi Staf Perserikatan Bangsa-Bangsa. Meski takdir berkata lain, Lona belum bisa mewujudkan cita-citanya tersebut, tetapi akhirnya ia diberi jalan oleh Tuhan melalui suaminya, Charles Ferdinand Hutapea yang bekerja sebagai konsulat perwakilan Indonesia di berbagai negara, yakni Osaka-Jepang dan Paris-Prancis.

Biodata

Nama : Lona Hutapea Tanasale

Kelahiran: Ambon, 19 September 1970

Karya

Paris – C’est Ma Vie (2012)

Voila La France (2015)

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini