nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Keuntungan Travelling untuk Hidup

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Senin 01 Februari 2016 08:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 02 01 406 1301699 5-keuntungan-travelling-untuk-hidup-PdW66jb5Yr.jpg 5 keuntungan travelling untuk hidup (Foto: Backpacker)

MEMBIASAKAN diri untuk travelling memiliki banyak manfaat bagi hidup. Selain menyegarkan pikiran, juga dapat membentuk karakter.

Travelling mengajarkan banyak hal, termasuk membuat traveller lebih peka dan memiliki pengetahuan yang lebih luas. Pasalnya, saat travelling, kita melihat dunia yang mungkin berbeda dengan biasanya.

Berikut lima keuntungan travelling bagi hidup dilansir dari Yahootravel:

Lebih pintar

Pelajaran tidak hanya bisa didapatkan dari pendidikan formal. Tetapi juga bisa datang dari orang lain melalui pengalaman dan proses perjalanannya. Dengan travelling, memungkinkan bertemu orang lain. Hal ini dapat membuat mengetahui apa yang tidak diketahui sebelumnya.

Lebih sabar

Travelling mengajarkan seseorang meredam sifat negatif dan menjadi lebih sabar. Karena saat bepergian, tentu bertemu dengan orang-orang baru dengan sifat berbeda dan apa yang mereka lakukan tidak bisa dikendalikan oleh traveller. Justru yang harus mengendalikan diri supaya tidak mudah marah menghadapi traveller lain yang kurang sopan.

Lebih peduli

Sedikit banyak, travelling akan mengajarkan kita untuk peduli pada orang lain dan lingkungan. Karena kita tidak mungkin diam saja saat melihat traveller lain tersesat atau kesulitan melakukan suatu hal. Keinginan membantu akan timbul ketika traveller memposisikan diri sebagai mereka.

Tidak takut

Banyak orang batal travelling karena ketakutan akan suatu hal. Padahal, dengan mengunjungi tempat-tempat baru, membantu seseorang untuk menguasai kegugupannya akan tempat-tempat baru. Yang terpenting, ini dapat membuat traveller mampu mengalahkan ketakutannya.

Lebih bahagia dan sehat

Sebuah studi melaporkan bahwa orang yang melakukan travelling rutin memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah dibanding orang yang jarang travelling. Hal ini disebabkan karena travelling kerap membuat seseorang merasa bahagia.

Sementara rasa bahagia dapat membuat seseorang lebih sehat. Terutama jika saat travelling, travellers senang berjalan kaki sekaligus sebagai olahraga.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini