Kukus Ikan, Begini Cara Hilangkan Bau Amisnya

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Rabu 03 Februari 2016 18:08 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 03 298 1304052 kukus-ikan-begini-cara-hilangkan-bau-amisnya-Zc7Mty7MWD.jpg Ikan kukus (Foto:Nestle)

TEKNIK mengolah ikan yang paling bagus adalah dibuat sup atau dikukus karena protein dalam ikan akan tetap terjaga. Tapi kadang ikan memiliki aroma amis khas yang cukup menganggu, ada siasat lho untuk menghilangkan aroma amis ini.

Chef Tukiran dari Hotel Grand Mercure Maha Cipta, Kemayoran Jakarta, mengatakan ada beberapa bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan. “Amis ikan itu alami tapi kadang kalau berlebihan suka mengganggu. Dikukus pakai bahan tambahan jeruk nipis, jahe dan daun bawang,” kata pria yang menjabat sebagai Chinnese Chef ini kepada Okezone, Selasa, 2 Februari 2016.

Chef Tukiran menjelaskan lebih lanjut, proses pengolahannya yakni setelah ikan dipotong dan dibersihkan kemudian diberi kucuran air jeruk nipis lalu diberi taburan irisan jahe dan daun bawang. Dikukus hingga matang lalu setelah matang, jahe dan daun bawang bisa dibuang.

Teknik ini bisa mengurangi bahkan menghilangkan aroma amis pada ikan. “Biasanya yang bau amis itu ikan air tawar. Jadi cara ini bisa buat ikan air tawar,” pungkas Chef Tukiran.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini