nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Obat Epilepsi Beri Harapan untuk Penderita Multiple Sclerosis

Erika Kurnia, Jurnalis · Rabu 03 Februari 2016 09:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 02 03 481 1303339 obat-epilepsi-beri-harapan-untuk-penderita-multiple-sclerosis-rKWjXlraVw.jpg Ilustrasi obat (Foto: Pgxmed)

OBAT yang biasa digunakan oleh penderita epilepsi untuk mencegah serangan telah ditemukan dapat memberi harapan bagi penderita multiple sclerosis karena membantu mencegah kerusakan saraf.

Studi yang dilakukan oleh University College London menemukan bahwa obat phenytoin memperlambat perkembangan neuritis optik atau gejala pengaburan pandangan yang juga dipercaya oleh peneliti dapat memiliki perlindungan yang sama pada otak.

Sejauh ini, memang belum ada obat untuk melindungi saraf yang tersedia untuk penderita MS, di mana saraf mereka diserang oleh kekebalan tubuh mereka sendiri.

Dalam studi tersebut, 86 orang dengan neuritis optik akut diberi phenytoin atau plasebo inaktif selama tiga bulan dan akhir percobaan. Kelompok yang menerima obat asli ditemukan mengalami kerusakan lapisan serat saraf di balik mata 30 persen lebih sedikit.

Pemimpin studi, Dr Raj Kapoor, mengatakan bahwa hasil studi ini akan menjanjikan bila dilakukan sampai fase III penelitian, sehingga dapat dijadikan pengobatan baru untuk mencegah kerusakan akibat neuritis optik dan kerusakan sistem saraf pusat yang terjadi pada pasien MS. Demikian penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal The Lancet Neurology, seperti dikutip dari Zeenews, Rabu (3/2/2016).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini