Share

4 Cara Jaga Kualitas Sperma Sehat

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 06 Februari 2016 01:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 05 481 1305320 4-cara-jaga-kualitas-sperma-sehat-Jz03o5qBfw.jpg Ilustrasi (Viralportal)

SPERMA adalah hal vital bagi seorang pria. Anda pun harus menjaga kualitasnya agat tetap sehat dan mampu menghasilkan keturunan.

Dilansir Boldsky, Sabtu (6/2/2016), berikut adalah empat cara sederhana yang bisa membantu Anda meningkatkan kualitas sperma dalam kehidupan Anda.

Periksa berat badan

Pria kurus atau kegemukan dapat memiliki efek negatif pada spermanya. Maka, penting bagi Anda untuk mengecek indeks masa tubuh dengan ideal, dengan mengatur waktu olahraga dan pola makan sehat.

Perbanyak asupan folat

Asupan folat tidak hanya dibutuhkan wanita. Pria juga wajib menyisipkan asupan folat ke dalam tubuhnya demi mendapat sperma berkualitas. Makanan kaya folat bisa diperoleh dari sayur bayam atau daun kale.

Hindari obat-obatan tertentu

Tahukah Anda, bahwa ada beberapa obat yang dapat memengaruhi kualitas atau kuantitas sperma pria. Jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan yang memengaruhi kualitas sperma, sebaiknya hindari dan konsultasikan ke dokter.

Hindari lingkungan beracun

Bahan kimia beracun yang berbahaya dan dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan. Misalnya, logam beracun seperti timbal dan kimia pelarut dapat meningkatkan persentase sperma yang rusak. Oleh karena itu, jauhi segala komponen beracun atau hati-hati saat Anda bekerja bila terkait dengan bahan kimia ini.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini