Baksos Operasi Katarak Bantu Indonesia Bebas Buta

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 06 Februari 2016 14:58 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 06 481 1306280 baksos-operasi-katarak-bantu-indonesia-bebas-buta-sDRou1l8YW.jpg Bakti Sosial JEC untuk Indonesia bebas katarak (Foto: Dewi Kania/Okezone)

KATARAK adalah kelainan mata yang menyebabkan kebutaan permanen, namun tak dapat dihindari. Maka pasien pun memerlukan operasi agar bisa memperbaiki kualitas hidupnya kembali.

Operasi katarak JEC Kedoya pada tahun 2014 (Foto: Twitter)

Dikatakan Konsultan Katarak dan Bedah Refraktif dr Setiyo Budi Riyanto SpM(K) dari RS Jakarta Eye Center (JEC) Menteng, kasus katarak menjadi masalah nasional yang masih sulit diberantas. Bahkan, Indonesia menduduki nomer tiga di dunia dan nomer satu di Asia Tenggara untuk kasus kebutaan akibat katarak.

"Setiap orang pasti mengalami katarak di usia lanjut. Baik itu laki-laki dan perempuan, kita tidak dapat mencegahnya. Karena katarak jadi salah satu penyakit degeneratif," ujarnya saat ditemui di JEC Kedoya usai press conference Bakti Sosial Operasi Katarak antara MedDocs and friends dan HOG Jakarta Chapter, Sabtu (6/2/2016).

Pria yang akrab disapa dr Budi itu menjelaskan, mata katarak disebabkan oleh rusaknya lensa mata. Masalah ini akibat dari refraksi mata dan kelainan organ mata di masa mudanya.

Sehingga, tambah dia, orang dengan katarak kualitas hidupnya akan menurun, karena aktivitas kesehariannya terganggu. Untuk memperbaikinya lagi, seorang pasien harus melakukan operasi untuk memperbaiki lensa mata yang rusak itu.

"Orang katarak tidak bisa disembuhkan meskipun pakai kacamata dan minum obat. Maka pasien perlu operasi katarak. Namun keterbatasan biaya yang membuat orang enggan operasi," terangnya.

Apabila ingin mencapai cita-cita Indonesia bebas buta lebih cepat, menurut dia, perlu melakukan bakti sosial operasi katarak. Inilah yang dilakukan oleh Jakarta Eye Center, MedDocs and friends dan HOG Jakarta Chapter yang menargetkan 100 pasien katarak di Jakarta hari ini.

"Bakti sosial operasi katarak sangat perlu dilakukan. Karena kegunaan hasil operasinya yaitu habis gelap terbitlah terang, bila pasien telah dioperasi," tutup pria yang juga menjabat sebagai Direktur JEC Menteng.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini