nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Makna Khusus Buah Pir Bagi Masyarakat Tionghoa

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Selasa 09 Februari 2016 14:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 02 09 298 1307789 makna-khusus-buah-pir-bagi-masyarakat-tionghoa-TKUrd4cJtT.jpg Buah pir punya makna khusus bagi warga Tionghoa (Foto:Wholesomebaby)

BUAH segar memang dianjurkan dikonsumsi setiap hari karena kandungan vitamin serta seratnya sangat bermanfaat bagi tubuh. Tapi bagi masyarakat Tionghoa, beberapa buah memiliki makna khusus apalagi saat perayaan Imlek.

Salah satu buah yang jadi suguhan masyarakat Tionghoa saat Imlek adalah buah pir.  Ko Ayung, pengurus Klenteng Hok Tek Bio Bogor, Jawa Barat, mengatakan pir punya makna harapan kebaikan yang akan datang di tahun mendatang.

"Pir itu bahasa chinanya Xiang Li yang artinya lancar. Jadi dengan makan pir diharapkan semua urusan lancar dan dimudahkan," kata Ko Ayung sambil menunjukkan tumpukan buah pir di meja sembayang klenteng.

Tak hanya pir, berbagai buah lain juga selalu tersaji saat Tahun Baru Imlek datang. Sebut saja buah apel, jeruk mandarin, jeruk bali, anggur dan berbagai buah lain yang pastinya mengandung makna dan harapan yang baik.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini