nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bedanya Sarang Burung Walet Asli dengan Palsu

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Selasa 09 Februari 2016 18:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 02 09 298 1308097 bedanya-sarang-burung-walet-asli-dengan-palsu-uraW5CMmXo.jpg Sarang burung walet (Foto:123com)

SARANG burung walet bukanlah bahan masakan yang sering diolah. Harganya yang mahal membuat bahan makanan ini termasuk dalam salah satu makanan mewah.

Keterbatasan kuantitas sarang burung walet kadang dimanfaatkan oleh orang tidak bertanggung jawab yang membuat sarang burung walet tiruan alias palsu. Untuk menghindari dari tindakan penipuan ini, Chef Tukiran dari Hotel Grand Mercure Maha Cipta Kemayoran, Jakarta, memberikan ciri dan tanda sarang burung walet yang asli dan palsu.

Aroma

Sarang burung walet asli memiliki aroma yang agak amis tapi tidak terlalu menyengat. Jika mendapati sarang burung walet yang tidak berbau justru Anda patut curiga. Pasalnya sarang burung walet palsu tidak memiliki aroma yang amis.

Warna

Membedakan sarang burung walet dari warnanya agak sulit dilakukan karena antara yang asli dan yang palsu hampir sama. Justru warna sarang burung walet jadi indikator tingkat kualitas. Sarang burung walet kualitas nomor satu memiliki warna putih gading dan bersih, kualitas nomor dua agak kusam, sedangkan kualitas nomor tiga agak kotor dan banyak sisa bulu burung yang melekat di sarang.

Tekstur

Tekstur sarang burung walet baru bisa dibedakan setelah diolah menjadi masakan. Sarang burung walet yang asli punya tekstur renyah dan kenyal. Meski direbus lama, sarang burung walet yang asli tetap akan renyah. Sedangkan yang palsu akan langsung lunak meski hanya disiram air panas dan akan menjadi lembek serta rusak saat direbus lama.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini