Perlu Diketahui Orangtua tentang Pendidikan Seks Anak

Afiza Nurmuseriah, Jurnalis · Sabtu 13 Februari 2016 03:40 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 12 196 1310718 perlu-diketahui-orangtua-tentang-pendidikan-seks-anak-mOJWfALeVr.jpg Ilustrasi orangtua dan anak remaja (Foto: Timedotcom)

HARUS diketahui bahwa pendidikan dan perilaku seks adalah dua hal yang berbeda namun sangat berhubungan.

Agar anak terhindar dari perilaku seks bebas, tentunya harus dibekali dengan pendidikan seks yang kuat sejak dini. Juga beberapa perspektif yang kuat mengenai tujuan kehidupan. Lantas, perspektif apa yang harus ditanamkan pada anak agar terhindar dari perilaku seks bebas? Berikut penjelasan dari psikolog anak dan keluarga, Roslina Verauli, kepada Okezone.

Ajarkan untuk menghargai diri sendiri

Bekali anak dengan mengajarkannya hal ini. Bahwa dirinya sangat berharga dan jangan pernah mau diperdaya oleh orang yang hanya menginginkan dirinya untuk melampiaskan nafsu. Ada banyak risiko yang akan dirasakan bila terjadi sesuatu oleh organ reproduksinya.

Berikan pemahaman mengenai pencapaian

Berikan pemahaman pada anak daripada berperilaku seks bebas lebih baik fokus pada cita-cita dan pencapaian. Sehingga anak tak punya celah untuk melakukan seks sebelum menikah karena sibuk dalam menggapai cita dengan tenggat waktu yang cepat. Misalnya, setelah lulus SMA ingin masuk Perguruan Tinggi Negeri tertentu dan sebagainya.

Tekankan banyak orang yang sayang padanya

Ini yang paling penting, anak tak akan mencari kebahagiaan lain dan tak akan tertipu oleh orang-orang yang bermaksud jahat bila selalu ditekankan bahwa banyak yang menyayanginya. Banyak orang yang akan selalu ada untuknya bila dia mengalami kesulitan.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini