Ajarkan 3 Hal Ini agar Anak Terhindar Seks Bebas

Afiza Nurmuseriah, Jurnalis · Minggu 14 Februari 2016 06:40 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 12 196 1310849 ajarkan-3-hal-ini-agar-anak-terhindar-seks-bebas-0dX8jlIK7S.jpg Ilustrasi anak dan ibu (Foto: Connectfamily)

SELAIN pendidikan seks yang harus diajarkan pada anak sejak dini, ada juga hal lain yang harus ditanamkan pada anak agar terhindar dari perilaku seks bebas.

Tak lain adalah nilai-nilai kekeluargaan yang harus diajarkan dari rumah. Nilai-nilai tersebut adalah sebagai berikut.

Nilai agama

Dalam nilai agama ada banyak hal yang bisa menjadi batasan dalam berhubungan antara beda jenis kelamin. Bagaimana menegakkan segala perintah Tuhan dan menjauhi larangannya. Termasuk seks bebas, setiap agama melarang ini karena seks bebas merupakan hal yang tak bermanfaat justru mendatangkan banyak kerugian.

Kepekaan sosial

Ajarkan anak untuk selalu peka terhadap pergaulannya. Untuk lebih bisa menyaring mana pergaulan positif dan mana yang negatif. Dengan begini anak akan terbentengi dan lebih bisa memilih apa yang baik untuk hidupnya.

Prestasi

Pacu anak untuk terus berprestasi. Anak yang mempunyai tujuan dalam hidupnya untuk berprestasi cenderung lebih positif dan secara otomatis akan menendang jauh-jauh hal negatif yang hanya akan menghancurkan masa depannya. Sekian yang dijelaskan psikolog anak dan keluarga, Roslina Verauli, kepada Okezone.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini